Tips Mendampingi Tumbuh Kembang Anak Selama Pembelajaran Daring

Sabtu, 12 Maret 2022 - 23:29 WIB
loading...
A A A
Ketiga, membuat pojok atau sudut belajar. Dilandasi dengan kesepakatan dari anak, sudut belajar dibuat untuk memberi pengertian bahwa anak mempunyai ruangan sendiri untuk belajar.

"Penentuan sudut belajar juga disesuaikan dengan keinginan anak agar lebih bersemangat, misalnya anak lebih suka belajar dengan melihat pemandangan di luar rumah, maka buat meja belajar di dekat teras rumah," bebernya.

Keempat, buat inovasi dalam pembelajaran anak. Ajak anak melakukan aktivitas di rumah yang sesuai dengan kurikulum pembelajarannya di sekolah. Misalnya, materi pembelajaran anak di sekolah mengenai berhitung, maka orangtua dapat mengajak anak membuat beberapa kue kemudian anak dapat menghitung kue hasil buatannya. Hal ini juga untuk melatih saraf motorik dan kognitif anak.

Kelima, berikan apresiasi pada anak. Selama mendampingi anak, sekecil apapun usaha yang sudah dilakukan saat kegiatan pembelajaran, berikan apresiasi agar anak merasa lebih dihargai.

Keenam, orangtua harus tersenyum dan sabar. Meskipun terkesan susah, tersenyum dan sabar juga merupakan hal yang tak kalah penting. "Jangan sampai anak menjadi tertekan, stres, dan enggan belajar di rumah," tutupnya.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)