3 Jam Terombang-ambing di Perairan Asahan, 3 ABK Berhasil Diselamatkan

Sabtu, 12 Maret 2022 - 07:44 WIB
loading...
3 Jam Terombang-ambing di Perairan Asahan, 3 ABK Berhasil Diselamatkan
Dua kapal nelayan bertabrakan hingga terbalik di sekitar Lampu Putih, Perairan Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Kamis (10/3/2022) malam kemarin.
A A A
ASAHAN - Dua kapal nelayan bertabrakan hingga terbalik di sekitar Lampu Putih, Perairan Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Kamis (10/3/2022) malam kemarin. Tiga anak buah kapal (ABK) yang terjun ke laut saat kecelakaan itu dan sempat terombang-ambing selama tiga jam berhasil diselamatkan.

Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Asahan, Ady Pandawa, mengatakan ketiga korban yang berhasil diselamatkan adalah Muhammad Yusuf (30), Agus Erwin (25) dan Solahuddin (28). Ketiganya merupakan warga Asahan Mati, Kabupaten Asahan.



"Kejadiannya sekitar pukul 7 malam. Kapal nelayan berjenis kayu bertabrakan dengan kapal nelayan lainnya yang mengakibatkan kedua kapal terbalik. Karena kapal terbalik, ketiga korban terjun ke laut dan bertahan hidup dengan cara berpegangan pada kapal yang terbalik," sebut Ady, Jumat (11/3/2022).

Insiden itu, kata Ady, baru mereka ketahui sekitar pukul 21:00 WIB, setelah orang tua salah seorang korban melapor ke Siaga Pos SAR Tanjungbalai Asahan. "Salah seorang korban yang terjun ke laut sempat menghubungi orangtuanya melalui ponsel dan meminta pertolongan," jelasnya.

Begitu mendapat informasi dari orangtua korban, personel di Siaga Pos Tanjungbalai Asahan langsung berkordinasi dengan nakhoda KN SAR 248 Sanjaya yang saat itu berada di Dermaga Panton. Kapal SAR itu kemudian langsung bergerak ke lokasi kecelakaan kapal dan melakukan pertolongan terhadap korban menggunakan sekoci milik Kapal SAR 248 Sanjaya.

Berkat sinergitas dan respon time, personel rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya, ABK RB 301 TBA dan Personil Lanal TBA akhir sekitar pukul 22.05 WIB, tim berhasil menyalematkan ketiga korban dalam keadaan selamat.

"Selanjutnya korban dievakuasi menggunakan sekoci dan dibawa menuju Kapal SAR 248 Sanjaya dan diserahkan kepada pihak keluarga," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)