BPKP Sulsel Puji Pengelolaan Keuangan Pemkab Sidrap

Kamis, 10 Maret 2022 - 14:14 WIB
loading...
BPKP Sulsel Puji Pengelolaan Keuangan Pemkab Sidrap
Bupati Sidrap, Dollah Mando (kiri) bersama Kepala Perwakilan BPKP Rizal Suhaili, Kamis (10/3/2022). Foto: SINDOnews/Andi Mappanyukki
A A A
SIDRAP - Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, Rizal Suhaili memuji pengelolaan keuangan Pemkab Sidrap. Sebab, Pemkab Sidrap berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut.

Apresiasi Kepala Perwakilan BPKP Sulsel disampaikan saat bertemu Bupati Sidrap dalam lawatannya di Kabupaten Sidrap, Kamis (10/3/2022). Kunjungan BPKP Sulsel ini dalam rangka peningkatan kapabilitas Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Sidrap.

Baca juga:Pemkab Sidrap Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Rijang Pittu

“Kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan itu, melalui tugas kami dalam hal akuntabilitas keuangan,” ucapnya.

Ia menguraikan, secara garis besar BPKP memiliki empat tugas. Yakni mengawal proyek strategis nasional, mengawal tata kelola keuangan dan pembangunan di daerah, mengawal pemberantasan korupsi, serta memastikan program-program pemerintah daerah tercapai.

“Untuk memastikan program-program pemerintah daerah berhasil, harus didukung kapasitas APIP daerah. Adanya APIP yang baik, maka program-program Pak Bupati akan terlaksana dengan baik,” papar Rizal.

Baca juga:Dollah Mando Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Booster bagi ASN

Bahkan ia menyebut, Kabupaten Sidrap merupakan kabupaten pertama yang dikunjunginya sejak menjabat Kepala Perwakilan BPKP Sulsel beberapa waktu lalu.

“Kami siap mendukung Sidrap, jika ada yang ingin ditanyakan, diklarifikasi, atau meminta bantuan, BPKP siap hadir,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sidrap , Dollah Mando menyampaikan bahwa keberhasilan pengelolaan keuangan di Kabupaten Sidrap selama ini tidak terlepas dari dukungan BPKP.

Baca juga:ASN Sidrap Jalani Vaksinasi Booster demi Tangkal Omicron

“Alhamdulillah, kita berhasil meraih WTP lima kali berturut-turut, kapasitas APIP menjadi level 3 semua berkat dukungan BPKP. Untuk itu kami berharap dukungan ini terus ada sehingga pengelolaan keuangan di Kabupaten Sidrap semakin baik,” tuturnya.

Adapun peningkatan kapabilitas APIP berupa bimbingan teknis akan berlangsung selama tiga hari. Kegiatan ini juga sekaitan penilaian mandiri kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Sidrap, dalam upaya peningkatan level dari level 3 ke level 4.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3565 seconds (11.252#12.26)