Pakar Sebut Program Ilham Azikin Berhasil Pulihkan Ekonomi Bantaeng

Rabu, 09 Maret 2022 - 16:34 WIB
loading...
Pakar Sebut Program Ilham Azikin Berhasil Pulihkan Ekonomi Bantaeng
Pakar ekonomi asal Universitas Bosowa, A Arifuddin Mane. Foto: Dokumentasi pribadi
A A A
BANTAENG - Pemulihan ekonomi di Kabupaten Bantaeng berjalan sangat cepat, sekalipun masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Bupati Bantaeng, Ilham Azikin punya andil besar dalam pemulihan ini.

Hal tersebut diungkap pakar ekonomi Universitas Bosowa, Dr A Arifuddin Mane. Menurutnya, laju pertumbuhan ekonomi dari 0,52 persen pada 2020 menjadi 8,86 persen pada 2021 adalah bukti pemulihan ekonomi di Bantaeng. Setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19, perekonomian Bantaeng kembali pulih secara utuh.

Baca Juga: memulihkan ekonomi
"Bantaeng ini laju pertumbuhan ekonominya tertinggi di Sulsel. Bahkan mengalahkan provinsi yang hanya berada di kisaran empat persen. Artinya bisa dikatakan, Bantaeng tumbuh dua kali lipat dari provinsi," jelas dia dalam siaran persnya.

Jika dilihat dari data 2020, laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng berada pada kisaran angka 0,52 persen. Pada 2021, menjadi 8,86 persen. Artinya, ada pertumbuhan lebih dari 800 persen dalam waktu satu tahun.

Pria kelahiran Banyorang, Kabupaten Bantaeng ini menyebut, ada berbagai hal yang dilakukan pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk memulihkan ekonomi . Di antaranya, menjaga kantung-kantung pendapatan masyarakat seperti pertanian, peternakan, perikanan dan industri pengolahan.

Baca Juga: Pemkab Bantaeng
"Melalui program ini, Bupati telah menjalankan strategi yang mendorong partisipasi masyarakat. Menggerakkan ekonomi dari UMKM dari partisipasi masyarakat," jelas dia.



"Penyumbang PDRB tertinggi itu dari masih dari pertanian, kehutanan dan perikanan yang mencapai 27,08 persen," jelas dia.

Penyumbang PDRB kedua adalah konstruksi sebesar 18,30 persen, dan perdagangan besar dan eceran sebesar 14,25 persen. Ada pula industri pengolahan sebesar 9,76 persen.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5377 seconds (0.1#10.140)