Tebing Lereng Gunung Lawu Longsor, Akses Jalan Menuju Tawangmangu Terputus

Selasa, 08 Maret 2022 - 19:44 WIB
loading...
Tebing Lereng Gunung Lawu Longsor, Akses Jalan Menuju Tawangmangu Terputus
Penampakan longsor tebing di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, hingga membuat akses utama penghubung dua kecamatan terputus. Foto: MPI/Bramantyo
A A A
KARANGANYAR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Karanganyar , Jawa Tengah menyebabkan tebing bukit yang berada di pinggir jalan penghubung Tawangmangu dan Jatiyoso, di Desa Sepanjang longsor .

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun akses utama penghubung antarkecamatan di kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu ini terputus.

Salah satu anggota relawan Karanganyar Emergency, Rifan Feir Nandhi mengatakan, untuk sementara akses satu-satunya jalur terdekat dari Jatiyoso menuju Tawangmangu dan sebaliknya, ditutup untuk semua jenis kendaraan.

Tebing Lereng Gunung Lawu Longsor, Akses Jalan Menuju Tawangmangu Terputus



Sebagai gantinya, kendaraan yang hendak melintas menuju Tawangmangu atau sebaliknya, terpaksa harus memutar yang waktu tempuhnya jauh lebih lama dibandingkan melintasi jalur yang tertimbun longsoran bukit.



“Untuk sementara jalur jalan ini ditutup untuk semua jenis kendaraan. Karena terlalu berbahaya dan dikhawatirkan masih akan terjadi longsor susulan,” katanya, Selasa (8/3/2022).
Dia menambahkan, pembersihan tanah yang menutupi ruas jalan penghubung antarkecamatan yang melintasi lereng Gunung Lawu ini jelas tidak bisa dilakukan malam ini.



Mengingat saat ini hujan masih deras dan berkabut. Pembersihan baru bisa dilakukan besok, Rabu (9/3/2022).

"Pembersihan baru akan dilakukan besok padi, mulai pukul 7.00 WIB. Untuk sementara jalan tembus ini ditutup," paparnya.

Selain akses jalan Sepanjang Tawangmangu - Jatiyoso tertutup longsor, wilayah lainnya di Dukuh Gamping, Bandar Dawung, Tawangmangu, Karanganyar juga terkena longsor.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)