Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana YHK Sasar Tiga Kabupaten

Senin, 07 Maret 2022 - 19:35 WIB
loading...
Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana YHK Sasar Tiga Kabupaten
Yayasan Hadji Kalla (YHK) menggelar Sosialisasi dan Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di tiga kabupaten, yaitu Sidrap, Pinrang dan Bone. Foto: Dok Yayasan Hadji Kalla
A A A
BONE - Yayasan Hadji Kalla (YHK) menggelar Sosialisasi dan Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di tiga kabupaten, yaitu Sidrap, Pinrang dan Bone.

Kegiatan ini menyasar beberapa Sekolah Dasar (SD) dengan melibatkan puluhan peserta yang berasal dari unsur siswa, guru maupun masyarakat. Tujuannya untuk membuat masyarakat lebih siap untuk mengambil langkah antisipatif serta meminimalisasi dampak negatif saat terjadi bencana .

Sosialisasi dan Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) berlangsung sejak akhir Februari hingga 7 Maret 2022. Kegiatan ini bekerja sama dengan Yayasan Inanta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PMI dan Basarnas. Adapun jumlah peserta di masing-masing wilayah, yakni Sidrap 34 peserta, Pinrang 32 peserta, dan Bone 36 peserta.



Manager Humanity & Environment Yayasan Hadji Kalla , Sapril Akhmady, menyebutkan di Sulawesi Selatan terdapat 28 desa di 10 kabupaten yang terindikasi rawan bencana, terutama banjir dengan daya rusak kategori tinggi berdasarkan katalog kebencanaan BNPB Pusat. Area yang terdampak banjir secara umum ialah sekolah-sekolah yang berada di samping pemukiman warga.

"Dampak negatif banjir dapat dikurangi dengan memahami mekanisme dan teknik praktis melakukan tanggap bencana di lapangan dengan melibatkan unsur masyarakat dan sekolah. Hal inilah yang melandasi kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Satuan Pendidikan Aman Bencana di Kabupaten Sidrap, Pinrang dan Bone," ungkap Sapril.

Abdul Kadir selaku perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bone mengapresiasi YHK yang telah menunjuk salah satu sekolah di Kabupaten Bone menjadi tempat pelaksanaan Sosialisasi dan Simulasi SPAB. Ia berharap materi yang dibagikan betul-betul bermanfaat bagi peserta.

"Kita bisa banyak belajar dari para pemateri terkait kesiagaan bencana. Tiap materi pun selalu dilanjutkan dengan praktik langsung sehingga bisa lebih mudah dipahami. Saya pun sempat ikut materi dan praktiknya," kata Kadir.

Perwakilan BPBD Kabupaten Pinrang, Rizal, mengapresiasi kolaborasi YHK dan Inanta yang menginisiasi kegiatan tersebut. Materi yang disajikan memang sangat penting untuk lebih siap terhadap bencana.

"Terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla dan Inanta atas pelaksanaan sosialisasi tentang SPAB. Meskipun dalam waktu singkat, tapi bagi kami cukup untuk memberikan informasi tentang pentingnya kesiagaan bencana kepada para peserta. Semoga ini bisa menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman mengenai bencana dan lainnya yang berkaitan," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)