Pemkab Luwu Utara Dorong Pengembangan Desa Maju Berbasis Teknologi

Minggu, 06 Maret 2022 - 21:46 WIB
loading...
Pemkab Luwu Utara Dorong Pengembangan Desa Maju Berbasis Teknologi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, terus mendorong pengembangan desa maju dan inovatif di wilayah mereka dengan berbasis teknologi. Foto: Protokol Pemkab Lutra
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, terus mendorong pengembangan desa maju dan inovatif di wilayah mereka dengan berbasis teknologi.

Untuk mewujudkan hal ini mereka bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin melalui STP dan LP2M Universitas Hasanuddin menggelar Sosialisasi Program Desa Inovasi Society 5.0, di gedung pertemuan BLK, desa Bungapati, kecamatan Tanalili, Sabtu (05/03/2022).



Kegiatan sosialisasi ini melibatkan para Tim Ahli dari Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin Makassar, sebagai narasumber dengan mengikutsertakan Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua Gapoktan & PPL se-kecamatan tanalili, Koordinator TA Kabupaten P3MD, Camat Tanalili serta camat Sukamaju.

Bupati Luwu Utara, mengatakan Desa inovavatif 5.0 merupakan desa yang berbasis data spacial, kolaborasi multipihak dalam pengembangan desa menujudesa maju dan Inovatif di era 5.0, guna mendukung pergerakan ekonomi pedesaan.

"diperlukan kerjasama pentahelix antara pemerintah, masyarakat, perusahaan, Perguruan Tinggi dan media, untuk mendukung pengembangan Desa Maju dan inovatif di era 5.0," katanya.

"Kita berharap para peserta dapat mengikuti dengan baik sosialisasi ini sehingga ke depan desa menjadi ujung tombak pergerakan ekonomi masyarakat," tutupnya.

Direktur STP Unhas Prof Andi Wardihan Sinrang, menyampaikan bahwa perkembangan Covid-19 ini beberapa sektor tentu terpengaruh.

Ia mengatakan, teknologi menjadi salah satu penunjang, Pada tahun 2020 kemarin pemerintah telah menandatangani kesepahaman yang terdiri dari 15 negara tantang perdanganan.



"15 negara yang telah menandatangani kesepahaman tersebut memiliki jumlah penduduk kurang lebih 2,4 Milyar, Jika melihat sumber daya alam yang ada di beberapa negara, Indonesia memiliki potensi cukup besar termasuk Luwu Utara, baik hasil pertanian, pekebunan, persawahan untuk mensuplai negar-negara yang tergabung tersebut, dan kuncinnya adalah kesiapan pada technologi," ujarnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)