1.217 Praja Pratama IPDN Disebar ke Pelosok Desa di Majalengka

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:01 WIB
loading...
1.217 Praja Pratama IPDN Disebar ke Pelosok Desa di Majalengka
Sebanyak 1.217 Praja Pratama IPDN disebar ke pelosok desa di Majalengka, Jawa Barat untuk menjalani magang sejak 13 Juni hingga 3 Juli 2023. Foto/Ist
A A A
MAJALENGKA - Sebanyak 1.217 Praja Pratama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) disebar ke pelosok desa di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Mereka menjalani magang sejak 13 Juni sampai dengan 3 Juli 2023.

Kegiatan magang ini untuk menggembleng praja terlibat langsung dalam pelaksanaan pekerjaan di instansi pemerintahan, baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan instansi pusat.



Praja pratama yang terdiri 736 putra dan 481 putri akan melaksanakan magang di 87 desa pada 10 kecamatan yang ada di Majalengka.

Rektor IPDN Hadi Prabowo saat menyerahkan 1.217 orang praja pratama Angkatan XXXIII IPDN kepada Bupati Majalengka Karna Sobahi menyatakan, magang ini merupakan salah satu perwujudan dari program merdeka belajar, kampus merdeka dari Kemenristekdikbud.

“Melalui kegiatan ini, diharapkanpraja dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan dan keterampilan secara langsung di lapangan. Terutama terkait pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan. Nantinya praja diharapkan mampu melakukan analisis untuk menilai kesesuaian antara teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan dengan kenyataan yang terjadi di lapangan,” ujarnya di Majalengka, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan magang ini disinergikan dengan beberapa program atau kegiatan Pemkab Majalengka yang saat ini sedang berlangsung, khususnya berkaitan dengan Indeks Desa Membangun (IDM).



“Kehadiran praja di sini semoga dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan desa yang ada di Majalengka”, tuturnya.

Rektor juga mengingatkan seluruh praja yang mengikuti magang untuk tetap menunjukan jati diri sebagai praja IPDN yang memiliki harga diri, serta mampu dibanggakan oleh rakyat Indonesia.

Sementara Bupati Karna Sobahi menyambut antusias pelaksanaan magang ini. "Semoga praja betah dan dapat maksimal melaksanakan kegiatan magang ini dengan baik," ujarnya.

IPDN juga melaksanakan magang II bagi 1.116 orang praja muda. Mereka berasal dari IPDN Kampus Sumatera Barat 217 orang, IPDN Kampus Kalimantan Barat 215 orang, IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat 229 orang, IPDN Kampus Sulawesi Utara 109 orang, IPDN Kampus Sulawesi Selatan 239 orang, dan IPDN Kampus Papua 111 orang.

Pelaksanaan magang II ini dilaksanakan di pemerintah daerah sekitar kampus IPDN daerah masing-masing. Sedangkan pelaksanaan magang III bagi 1.098 orang praja madya dilaksanakan di Kota Tasikmalaya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)