Pemuda 17 Daerah di Jatim Meriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dengan Bangun Desa

Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:39 WIB
loading...
Pemuda 17 Daerah di Jatim Meriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI dengan Bangun Desa
Mayarakat di Jatim yang mayoritas digerakkan oleh pemuda dan Karang Taruna melakukan peringatan HUT ke-78 RI di antaranya dengan membangun gapura desa. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) diisi dengan beragam kegiatan masyarakat. Di antaranya ratusan desa di Jawa Timur (Jatim) menggelar kegiatan serentak selama Agustus 2023 ini dengan tajuk Merdeka Heppiii.

Masyarakat yang mayoritas digerakkan oleh pemuda dan Karang Taruna mengisi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI ini dengan membangun desa, pengecatan gapura, dan pemasangan lampu penerangan di desa tersebut.



Kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk terus membangun desa melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Pihaknya konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.



"Selain akan ada perbaikan fasum (fasilitas umum) dan fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba, kemudian gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa," ungkap Koordinator Heppiii Community, Ronald Theo Lesmana, Kamis (17/8/2023).

Ronald mengungkapkan, kegiatan ini diikuti warga desa di 17 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Terdiri Banyuwangi ada 17 desa, Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 10 desa, kemudian Madiun 17 desa.

Selanjutnya Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4 desa, Pasuruan 10 desa, Ponorogo 14 desa, Situbondo 16 desa, Tuban 3 desa.


Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Jika ditotal sudah ada ribuan titik lampu yang dipasang di ratusan desa sampai dengan kegiatan Merdeka Heppiii bulan Agustus 2023 ini. Rata-rata satu desa atau satu dusun ada yang memasang 10 sampai 15 lampu, ada juga yang di angka 20 sampai 34 lampu. Jumlah tersebut dikali lebih dari 100 desa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5040 seconds (0.1#10.140)