Kota Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah TIIWG G20, Ini Alasannya

Rabu, 02 Maret 2022 - 21:38 WIB
loading...
Kota Solo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah TIIWG G20, Ini Alasannya
Kota Solo, Jawa Tengah ditunjuk menjadi tuan rumah Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 yang akan digelar akhir bulan Maret 2022 ini. Foto ist
A A A
SOLO - Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G20 yang akan digelar akhir bulan Maret 2022 ini. Alasan dipilihnya Kota Solo sebagai tuan rumah karena kota ini selalu mengedepankan prinsip investasi dan pembangunan berkelanjutkan.

Hal itu diungkapkan Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral BPKM, Fajar Usman dalam diskusi daring bertema 'Sinergi Sukseskan Agenda Presidensi G20' yang digelar Forum Merdeka Barat pada Rabu(2/3/2022).



Fajar Usman menjelaskan, dua pertemuan TIIWG G20 akan digelar di Kota Solo, yaitu pertemuan pertama akan digelar pada 29-30 Maret 2022 dan pertemuan kedua di Kota Solo akan digelar 7-8 Juni 2022.Isu yang dititikberatkan dalam TIIWG ini adalah terkait pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

"Kami melihat Kota Solo merupakan salah satu kota yang mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutkan. Sehingga ini sejalan dengan apa yang menjadi misi kami yaitu mendorong dilaksanakannya investasi yang berkelanjutan. Salah satunya di Kota Solo yang menjadi pusat pengembangan bateri lithium yang akan mendukung terbangunnya ekosistem berkelanjutan," beber Fajar.

Menurut Fajar, dampak pertemuan TIIWG bagi kota Solo dan masyarakatnya akan sangat terasa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Multiplier effect, lanjut dia, juga besar.

"Apalagi nanti ada kehadiran delegasi dalam berbagai pertemuan tersebut, sebagai rangkaian dari Working Group. Akan ada juga berbagai event yang sifatnya pameran, ada semacam kunjungan beberapa tempat wisata, dan tempat yang jadi ciri karakteristik kota Solo,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk Kementerian Investasi akan ada investment forum dan bisnis forum dan melibatkan swasta. Diharapkan akan menarik investasi yang cukup besar terutama dari anggota G20. Dalam pergelaran perdana di Kota Solo, forum ini akan membahas mengenai investasi berkelanjutan guna menyambut berbagai tantangan global.

"Penyelenggaraanya nanti akan melibatkan tiga kementerian dan akan berlangsung sebanyak empat kali pertemuan yang diakhiri dengan pertemuan tingkat menteri. Termasuk UMKM yang rencananya akan difasilitasi untuk melakukan showcase. Nantinya para delegasi yang hadir bisa melihat beragam produk UMKM di Kota Solo tersebut," ujarnya.

Mengenai kesiapan, Fajar mengatakan, pihaknya berbagi tugas dengan berbagai kementerian yang terlibat. Untuk pertemuan pertama, katanya, Kementerian Perindustrian menjadi tuan rumah.

"Sementera pertemuan kedua pada bulan Juni, Kementerian PenanamanModal dan Investasi menjadi tuan rumah dan pertemuan ketiga sekaligus pertemuan tingkat menterinya Kementerian Perdagangan yang jadi tuan rumah," imbuhnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)