TPA Mulai Over Kapasitas, DLHK Sinjai Ajak Warga Kelola Sampah

Jum'at, 25 Februari 2022 - 19:27 WIB
loading...
TPA Mulai Over Kapasitas, DLHK Sinjai Ajak Warga Kelola Sampah
Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tondong Kabupaten Sinjai. Foto: SINDOnews/Irman Bagoseng
A A A
SINJAI - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai mengajak masyarakat mengelola sampah secara mandiri. Ajakan tersebut tak lepas dari kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tondong seluas 3 hektare yang mulai over kapasitas.

Kepala DLHK Kabupaten Sinjai, H Muh Ramlan Hamid mengatakan, jika sampah dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan barang bernilai ekonomis. Demikian sebaliknya, jika sampah tidak dikelola dengan baik, maka volume sampah akan semakin besar, sementara TPA sudah mulai over kapasitas.

Baca juga:Tahapan Pengundian Nomor Urut di Pilkades Sinjai Tidak Serentak

" Sampah ini bisa menghasilkan energi baru dan pupuk ketika dikelola dengan baik, serta bisa bernilai ekonomis jika dilakukan pengolahan di tingkat rumah tangga. Untuk itu kami harap warga bisa melakukan pengolahan sampah secara mandiri," jelas Muh Ramlan.

Muh Ramlan menerangkan, pemerintah terus berupaya untuk mengurangi volume sampah dengan pengelolaan sampah secara modern dan ramah lingkungan.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan pemanfaatan sampah organik menjadi kompos di TPA dan di Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), pengolahan limbah tahu/tempe dengan menggunakan IPAL serta pemanfaatan bank sampah.

"Ini sudah menjadi program strategis dari Pemerintah Sinjai yang tertuang dalam RPJMD. Bagaimana pengolahan sampah bisa dimaksimalkan sehingga volume sampah berkurang," ujarnya.

Baca juga:Pengusaha Tahu dan Tempe di Sinjai Kurangi Produksi

Ramlan juga mengakui, TPA yang berada di Tondong saat ini kapasitasnya hampir penuh, sehingga Pemkab Sinjai sementara mempersiapkan lokasi baru untuk TPA yang lebih bagus dan representatif.

"Beberapa tahun di depan TPA di sana sudah over kapasitas, sehingga kami akan siapkan lahan baru yang lebih bagus. Beberapa tempat kita sudah lakukan survei dan kita butuh luasnya sekitar 10 hektare," pungkasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1876 seconds (11.97#12.26)