Darurat Sampah, Pemuda Mahasiswa Ganjar Bangun TPS Sementara di Bandung

Kamis, 02 November 2023 - 17:11 WIB
loading...
Darurat Sampah, Pemuda Mahasiswa Ganjar Bangun TPS Sementara di Bandung
Relawan PMN Jabar bersama sejumlah pemuda karang taruna berinisiatif melakukan pembersihan dan penataan sehingga sampah lebih tertata rapi di Cipadung, Cibiru, Bandung, Kamis (2/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - TPA Sarimukti di Bandung Barat terpaksa ditutup sementara akibat kebakaran. Kondisi tersebut membuat aktivitas pengiriman sampah dari TPS Sementara di Kota Bandung ke TPA Sarimukti menjadi tersendat.

Akibatnya sampah mulai menumpuk secara tidak beraturan di sejumlah titik di Bandung. Atas dasar tersebut, relawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jawa Barat bersama sejumlah pemuda karang taruna berinisiatif melakukan pembersihan dan penataan sehingga sampah lebih tertata rapi.

"Banyaknya kondisi sampah yang menumpuk dampak dari kebakaran TPA Sarimukti, sehingga PMN berinisiatif membuat tempat penampungan sementara di kelurahan Cipadung untuk mengkoordinir sampah rumah tangga yang berserakan," kata Korda PMN Bandung Taufik Haidar di Cipadung, Cibiru, Bandung, Kamis (2/11/2023).

Aksi tersebut dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat karena sampahnya tak kunjung diangkut oleh petugas. "Waktu TPA masih beroperasi, hampir tiap hari petugas mengkoordinir sampah. Namun sekarang bisa sampai satu minggu sekali karena TPS terdekat juga ditutup karena tidak bisa menampung lebih banyak," lanjutnya.

Menurutnya, apabila sampah dibiarkan menumpuk akan berdampak buruk terhadap lingkungan maupun kesehatan masyarakat. "Dari tumpukan sampah kan banyak bakteri yang menimbulkan penyakit. Apalagi masih banyak anak kecil dan orangtua yang imunitasnya masih rawan terinfeksi," ujarnya.

Sambil menunggu TPA di Gedebagi, relawan berinisiatif melakukan penataan sampah untuk meminimalisir sampah berserakan. "Dari pihak pemerintah kan sudah menyiapkan opsi TPA di Gedebage. Sambil menunggu itu, kami akan coba menata di lingkungan terdekat supaya tidak berserakan," tuturnya.

Dengan upaya demikian, relawan PMN berharap bisa berkontribusi untuk membanyu pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah di Kota Bandung. "Semoga kondisi ini bisa berkontribusi untuk penataan lingkungan dan menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat," tandasnya.

Ketua Karang Taruna Cupadung Kurniawan mengapresiasi ajakan PMN Jawa Barat untuk menata sampah di wilayahnya. Langkah tersebut sangat tepat di tengah kondisi darurat sampah yang menjadi persoalan pelik di Kota Bandung.

Saat ini sampah menumpuk dan berserakan di jalanan bahkan di pekarangan rumah. Hal ini karena sejumlah TPS masih menghentikan operasionalnya akibat penuhnya kapasitas menampung sampah.

"Harapannya ini bisa menjadi perhatian bagi segenap pihak, terutama pemerintah, organisasi maupun jaringan relawan untuk gotong royong menjadikan persoalan sampah ini bisa secepatnya teratasi," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)