Peringati Hari Kanker Sedunia, Peraboi Gelar Operasi Kanker Payudara Gratis di Manado

Selasa, 08 Februari 2022 - 23:04 WIB
loading...
Peringati Hari Kanker Sedunia, Peraboi Gelar Operasi Kanker Payudara Gratis di Manado
Ketua Umum Peraboi dr Walta Gautama memberikan keterangan terkait kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari yang diawali dengan operasi kanker gratis di RSUP Prof Kandou dan RS Sentra Medika, Selasa (8/2/2022). Foto: MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2022, Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia ( Peraboi ) menggelar rangkaian kegiatan bakti sosial (baksos) di Provinsi Sulawesi Utara ( Sulut ).

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari itu diawali dengan operasi kanker gratis di RSUP Prof Kandou dan RS Sentra Medika, Selasa (8/2/2022).

Ketua Umum Peraboi dr Walta Gautama mengatakan, kegiatan selanjutnya adalah talkshow yang membahas kanker payudara dan kanker tiroid, kemudian di hari berikutnya digelar Muktamar Peraboi untuk pemilihan Ketua Umum yang baru.

Peringati Hari Kanker Sedunia, Peraboi Gelar Operasi Kanker Payudara Gratis di Manado



Onkologi sendiri kata Gautama, merupakan spesialisasi khusus yang menangani tumor dan kanker di permukaan tubuh, dan luar tulang. Sedangkan bedah onkologi meliputi kanker di luar badan seperti kanker payudara, kepala leher, tiroid, ada kulit dan jaringan-jaringan di luar tulang.



"Di Indonesia sekarang mempunyai 200 lebih spesialis onkologi. Mereka bertugas di sejumlah rumah sakit baik di Jakarta dan daerah lainnya termasuk di RSUP Prof Kandouw Manado yang saat ini terus berbenah menjadi rumah sakit rujukan kanker,” bebernya.

Direktur Medis RSUP Prof Kandouw Manado dr Yehezkiel Pandjaitan menyambut baik kehadiran Peraboi yang menggelar baksos di sejumlah rumah sakit, termasuk di RSUP Prof Kandouw Manado.



Menurutnya, baksos Peraboi bertepatan dengan hari ulang tahun RSUP Prof Kandouw. “Kita berharap bisa terjadi transfer knowledge, selain juga membangun silaturahmi,” ujar Pandjaitan.

Dia menambahkan, kehadiran Peraboi juga sejalan dengan keberadaan RSUP Prof Kandou menjadi rumah sakit rujukan kanker di Indonesia Timur.

“Kami memberi apresiasi semua pihak yang menyiapkan kegiatan ini, untuk kemanusiaan dan juga membawa nama baik Sulut,” ujarnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)