OTG Membaik, Angka Kesembuhan Covid-19 Terus Meningkat

Jum'at, 12 Juni 2020 - 21:52 WIB
loading...
OTG Membaik, Angka Kesembuhan Covid-19 Terus Meningkat
Para OTG yang dirawat di Asrama Haji Surabaya menunjukan grafik kesembuhan yang tinggi. Mereka akhirnya diizinkan pulang setelah hasil swab menunjukan negatif. Foto/dok
A A A
SURABAYA - Kabar gembira di tengah penanganan Covid-19 terus berdatangan setelah terjadi peningkatan pasien yang terus sembuh. Sampai sore ini, Jumat (12/6/2020), sebanyak 190 pasien yang dirawat di Asrama Haji dan pasien rawat jalan isolasi mandiri dinyatakan sembuh.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, sampai saat ini jumlah keseluruhan pasien sembuh di Kota Pahlawan sebanyak 1.188 orang. Angka ini terus bertambah setiap jamnya.

“Sampai dengan saat ini angkanya terus bergerak. Tadi pukul 14.00 WIB masih 129 orang yang sembuh hari ini. Tapi sekarang sampai pukul 16.00 WIB, terus meningkat hingga mencapai 190 pasien,” kata Feny, ketika ditemui di Dapur Umum Balai Kota, Jumat (12/6/2020).

Ia melanjutkan, 190 pasien itu terdiri dari 164 pasien yang berasal dari Asrama Haji dan 26 orang lainnya berasal dari pasien rawat jalan yang menjalani isolasi mandiri di masing-masing rumahnya.

Menurutnya, pasien atau tamu yang diisolasi di Asrama Haji itu lebih cepat sembuh karena memang yang diisolasi adalah orang tanpa gejala (OTG). Makanya, hampir setiap hari selalu ada angka kesembuhan dari pasien berstatus OTG tersebut.

“Mereka juga rutin senam pagi. Lalu olahraga ada yang sepak bola, tenis meja. Kami juga berikan vitamin secara rutin di luar permakanan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya ini memastikan semua pasien sembuh itu dipastikan sudah melewati dua kali tes swab dengan hasil negatif. Ia bahkan menyebut proses swab itu wajib dilakukan tidak sekali saja, selama dua kali jika sudah negatif baru dinyatakan sembuh.

“Jadi, mereka yang sembuh ini sudah melewati tes dua kali yang hasilnya negatif berturut-turut,” tambahnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)