Jika tak di perbaiki, warga keukeuh blokir jalan

Senin, 15 Oktober 2012 - 20:01 WIB
Jika tak di perbaiki, warga keukeuh blokir jalan
Jika tak di perbaiki, warga keukeuh blokir jalan
A A A
Sindonews.com - Warga masyarakat yang berada di Simpang Belimbing Kecamatan Gunung Megang, Muaraenim, hari ini melakukan aksi penutupan jalan Simpang Belimbing-Teluk Lubuk dengan menggunakan pohon pisang.

Kusnadi, salah seorang tokoh masyarakat setempat menjelaskan, aksi penutupan jalan ini dipicu kekesalan warga karena kondisi jalan yang rusak dan berdebu.

"Pemortalan ini, akan terus dilakukan tanpa batas waktu. Bila perlu sampai pisangnya berbuah," ucapnya, di Muaraenim, Senin (15/10/2012).

Ia meminta agar jalan sepanjang tiga kilometer itu diperbaiki dengan menggunakan standar cor beton. Bahkan, khusus untuk mobil loging milik PT Musi Hutan Persada (MHP) jika tidak ada kepastian, maka dilarang keras untuk melalui jalan tersebut.

Sedangkan,bagi supir loging yang berasal dari Desa Simpang Belimbing dan Darmo Kasih, berjumlah sekitar 30 orang akan diberi uang makan sebesar Rp50 ribu setiap hari, selama mereka tidak bisa bekerja.

"Kami sudah mempertanyakan status kepemilikan jalan ini kepada pihak terkait. Namun, sepertinya Pak Gubernur ataupun Bupati tidak tahu status jalan ini," tuturnya.

Menurut Kusnadi, sejak pihaknya melakukan penutupan jalan tersebut, belum ada truk loging milik PT MHP yang melintas. Biasanya, setiap hari setidaknya ada truk yang melalui jalan tersebut dengan tonase rata-rata di atas delapan ton. Sedangkan, dalam sebulan setiap truk bisa melintas sebanyak 20 rit.

"Sampai sekarang belum ada truk yang melintas. Yang pasti dari kita akan terus melakukan penutupan sampai ada kepastian," tegasnya.

Di sisi lain, ia enggan untuk bernegosiasi dengan pihak PT MHP Pasalnya, sudah beberapa kali negosiasi, pelaksanaan untuk perbaikan jalan tidak ada sampai sekarang.

‪‪"Warga sudah muak dengan negosiasi, sebab tidak ada penyelesaian," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7463 seconds (0.1#10.140)