PWP MOR VII-Dekranasda Sulsel Hadirkan Etalase Sedekah

Jum'at, 12 Juni 2020 - 16:31 WIB
loading...
PWP MOR VII-Dekranasda Sulsel Hadirkan Etalase Sedekah
Peresmian program Etalase Sedekah yang digagas PWP MOR VII oleh Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin. Foto: SINDOnews/Suwarny Dammar
A A A
MAKASSAR - Persatuan Wanita Patra (PWP) Tingkat Wilayah MOR VII Sulawesi bersama Dekranasda Sulsel menghadirkan etalase sedekah di kantor Dekranasda Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (12/6/2020).

Peresmian etalase sedekah dilakukan Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin didampingi Ketua PWP Tingkat Wilayah MOR VII Sulawesi, Dwi Novitasari Sasongko.

Ketua PWP Tingkat Wilayah MOR VII Sulawesi, Dwi Novitasari Sasongko mengatakan, etalase sedekah merupakan kegiatan sedekah berupa berbagi makanan jadi dalam bentuk nasi kotak kepada siapapun yang membutuhkan.

Konsepnya kata dia, makanan tersebut disiapkan di etalase yang ditempatkan di satu titik. Kemudian warga yang membutuhkan bisa langsung mengambilnya secara gratis. Taglinenya: siapapun boleh mengambil dan siapapun boleh mengisi.

“Insyaallah, kami dari keluarga besar Pertamina MOR VII, khususnya dari para istri pegawai Pertamina yang tergabung dalam PWP MOR VII berkomitmen untuk menyiapkan nasi kotak setiap hari Jumat hingga akhir tahun, di etalase yang saat ini ditempatkan di kantor Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.



Dia menjelaskan, etalase sedekah akan diisi dengan minimal 100 nasi kotak. Diperkirakan, jumlahnya akan lebih karena pihaknya mengajak seluruh komponen dari Pertamina Group yang ada di Makassar untuk berkontribusi dalam program amal ini.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sebetulnya bermula dari kegiatan Jumat berkah yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu oleh PWP MOR VII. Saat itu, polanya dengan membagikan langsung kepada yang membutuhkan.

“Sejak memasuki Ramadhan dan seiring pandemi COVID-19 , kami berinisiatif untuk mengubah pola pemberian makanan tersebut, yakni dengan cara menyiapkan etalase khsusus tempat menyimpan makanan dan yang memerlukan tinggal mengambilnya. Hal ini juga sekaligus mengurangi kontak antara si pemberi dan penerima,” ungkapnya.

Dwi Novitasari Sasongko menuturkan, sejak etalase sedekah hadir, respons dari masyarakat cukup baik.

“Makanan yang kami siapkan di etalase selalu habis tidak bersisa. Dan kehadiran etalase ini juga mengundang para dermawan lainnya untuk berpartisipasi dengan ikut mengisi makanan juga. Tak hanya itu, kami memberdayakan UMKM binaan juga untuk penyediaan makanan tersebut,” tuturnya.



Dwi Novitasari menjelaskan, pihaknya mencermati program ini tetap bermanfaat untuk terus dijalankan di luar bulan Ramadhan dan di situasi yang tidak ada kaitannya dengan adanya pandemi COVID-19 sekalipun. Artinya di luar Ramadhan dan dalam situasi normal pun kata dia, program ini sangat bagus dan bermanfaat.

Nah, hari ini, secara khusus program ini diresmikan oleh Liestiaty F Nurdin. Momentum ini menurut Dwi Novitasari sekaligus menjadi doa agar badai COVID-19 ini segera berakhir.

“Khusus hari ini (kemarin), kami menyiapkan 500 nasi boks yang akan disiapkan di etalase dan dibagikan kepada yang membutuhkan. Kami berterima kasih ke gubernur yang di antara jadwal beliau yang sangat padat bisa menyempatkan hadir untuk meresmikan program yang kami inisiasi ini. Kami juga secara khusus sampaikan terima kasih kepada Dekranasda atas kesediaannya dititipi etalase sedekah ini di halaman kantornya,” paparnya.



Sementara itu, Ketua Dekranasda Sulsel, Lies F Nurdin mengapresiasi kerja sama ini, karena sangat membantu masyarakat, utamanya mereka yang terkenda dampak saat pandemi COVID-19. Apalagi, yang disediakan berupa nasi kotak yang bisa langsung dikonsumsi.

“Tentu ini merupakan kolaborasi yang baik antara Dekranasda dan Patra Pertamina dalam menyediakan nasi kotak ke masyarakat. Mereka yang mengambil bebas, selama nasi tersebut tersedia. Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” paparnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)