Kembali Diundur, Tender PLTSa Tunggu Kesiapan Tiga Daerah Lain

Rabu, 02 Februari 2022 - 10:42 WIB
loading...
Kembali Diundur, Tender PLTSa Tunggu Kesiapan Tiga Daerah Lain
TPA Antang. Foto/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Tender proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah ( PLTSa ) di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, yang awalnya dijadwalkan akan diselenggarakan pada Januari 2022, kembali diundur. Pengumuman tender menunggu arahan dari Pusat.

Wali Kota Makassar Moh 'Ramdhan' Danny Pomanto mengatakan, dari hasil konsultasi di Jakarta belum lama ini, Kementerian Maritim dan Investasi (Marves) memutuskan pelaksanaan tender untuk PLTSa Kota Makassar dilakukan serentak dengan tiga daerah lain, yaitu Palembang, Manado dan Tangerang.



"Kita diikutkan nanti, biar pemerintah pusat yang umumkan. Tunggu mereka (tiga daerah) punya kesiapan," tuturnya.

Danny mengatakan, lelang proyek tersebut sudah sepenuhnya diserahkan ke pusat. "Pusat yang umumkan lelang, ini kan Perpres, pemerintah pusat, jadi pemerintah pusat yang seharusnya punya proyek," tuturnya.

Danny mengklaim Pemkot Makassar sudah siap 100 persen, baik dari tata cara pelelangan, tim penilai, hingga landasan fundamental Undang-Undang.



Apalagi sistem yang digunakan Pemkot Makassar adalah tender investasi murni yang dibuka secara umum. "Makanya kita tidak beli tanah, biar investor yang beli tanah supaya ada mitigasi risiko," lanjutnya.

Wali Kota memastikan pemenang tender sudah diketahui paling lambat bulan Juni mendatang.

"Saya kasih lama penawaran dibilang kalau menurut Permendagri penawaran itu bisa cuma dua minggu kalau saya kan saya kasih 4 bulan jadi dapat Juni," tutur Danny.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)