Kurang personel, 1 polisi layani 1.326 penduduk

Kamis, 13 September 2012 - 17:29 WIB
Kurang personel, 1 polisi layani 1.326 penduduk
Kurang personel, 1 polisi layani 1.326 penduduk
A A A
Sindonews.com - Kepolisian resor (Polres) Tana Toraja mengakui kekurangan jumlah personel polisi terkait penegakan hukum di wilayah Toraja. Bahkan, jumlah personel polisi di Polres Tana Toraja tidak sebanding dengan jumlah penduduk Toraja.

“Saat ini, Polres Tana Toraja menangani kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Tapi, perbandingan jumlah personel di Polres Tana Toraja tidak seimbang dengan jumlah penduduk di Toraja,” ujar Kapolres Tana Toraja AKBP Yudi AB Sinlaeloe di Mapolres Tana Toraja, Kamis (13/9/2012).

Saat ini, Polres Tana Toraja memiliki 433 personel polisi dan lima pegawai sipil sementara jumlah penduduk di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara sekitar 500.000 jiwa. Jika dibandingkan jumlah personel polisi dan jumlah penduduk tidaklah seimbang dengan rasio 1 polisi menangani 1.326 jiwa.

Begitu juga jumlah Polsek yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara tidak seimbang dengan luas wilayah di dua kabupaten itu. Total jumlah polsek di Tana Toraja dan Toraja Utara sebanyak 13 polsek dan satu polsek pembantu.

Dengan rincian enam polsek dan satu polsek pembantu di Tana Toraja dan tujuh polsek di kabupaten Toraja Utara.

Sementara total jumlah kecamatan di Tana Toraja dan Toraja Utara sebanyak 40 kecamatan dengan rincian 19 kecamatan di Tana Toraja dan 21 kecamatan di Toraja Utara. Kekurangan personel dan polsek juga sudah dilaporkan langsung ke Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Mudji Waluyo saat kunjungan kerja di Mapolres Tana Toraja.

“Jumlah polsek di Toraja juga tidak sebanding dengan luas wilayah. Ada satu polsek di Tana Toraja menangani hingga delapan kecamatan,” katanya.

Yudi mengatakan, meski Polres Tana Toraja kekurangan jumlah personel, namun sejauh ini kegiatan keamanan dan ketertiban di Tana Toraja dan Toraja Utara tetap optimal.

Polres Tana Toraja semaksimal mungkin akan menindaklanjuti setiap kejadian tindak pidana maupun pelanggaran hukum lainnya yang dilaporkan masyarakat. Personel polisi juga secepatnya dikerahkan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) merespon untuk laporan tersebut.

“Di tengah keterbatasan personel dengan wilayah tugas yang sangat luas, kami tetap berupaya menjaga kondisi kamtibnas di Toraja tetap kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Mudji Waluyo mengatakan, rasio satu polisi berbanding 1.326 jiwa sangat tidak seimbang. Idealnya, satu polisi berbanding 300 jiwa.

Untuk itu, Kapolda akan menambah 30 personel polisi ke Polres Tana Toraja. Personel tambahan itu akan ditempatkan di Polsek-polsek di lingkungan Polres Tana Toraja.

“Segera akan saya geser 30 personel bintara Polda ke Polres Tana Toraja untuk membantu pelayanan kepada masyarakat. Personel tambahan itu nantinya bukan bertugas di Polres tapi di polsek-polsek,” katanya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8096 seconds (0.1#10.140)