Legislator DPR RI Asal Bone Minta Pemerintah Usut Dugaan Mafia Pupuk

Minggu, 30 Januari 2022 - 21:31 WIB
loading...
Legislator DPR RI Asal Bone Minta Pemerintah Usut Dugaan Mafia Pupuk
Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. Foto: Dokumentasi pribadi
A A A
BONE - Anggota Komisi IV DPR RI asal Kabupaten Bone, Andi Akmal Pasluddin meminta pemerintah mengusut dugaan adanya sindikat mafia pupuk subsidi.

“Dugaan adanya sindikat mafia pupuk subsidi ini sudah sejak lama. Tapi tindakan tegas yang membuat efek jera masih belum terlihat di lapangan, sehingga praktek-praktek yang merugikan negara dan rakyat Indonesia ini masih terus berlangsung,” tutur Akmal dalam keterangannya kepada SINDOnews, Minggu (30/1/2022).

, apalagi bila ada pupuk subsidi yang sampai perbatasan luar negara sehingga rentan diselundupkan keluar negeri. Atau kejadian yang kerap terjadi, pupuk subsidi digunakan oleh perkebunan-perkebunan besar padahal mereka sangat tidak berhak,” kritis Akmal.

Akmal mendukung langkah PT Pupuk Indonesia yang akan menindak tegas distributor dan kios nakal. Ia menyarankan, untuk menambah pengawasan publik, PT Pupuk Indonesia bila perlu membuat pengumuman daftar nama distributor dan kios nakal sehingga terjadi efek jera.

Baca juga:DPRD Warning Distributor dan Pengecer Soal Harga Pupuk Bersubsidi

Berkaitan dengan digitalisasi kios resmi penyalur pupuk subsidi, Akmal mengatakan masih harus terus dikembangkan dan diujicobakan sampai merata di seluruh pelosok Indonesia.

“Saat ini, digitalisasi kios resmi pupuk subsidi masih kurang sosialisasinya kepada petani-petani terutama di daerah yang kurang akses jaringan internet. Ke depannya, ini merupakan program yang bagus sehingga mesti dikawal edukasinya sehingga para petani terbiasa menggunakan sistem ini. Saya juga berharap, di masa yang akan datang, persoalan pupuk subsidi ini semakin membaik penanganannya sehingga terjadi efisiensi dan efektivitas dana negara untuk subsidi pupuk yang berasal dari APBN ini,” tutup Andi Akmal Pasluddin.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)