Dilaporkan Hilang dan Dicari Tim SAR di Gunung Haruman, Warga Garut Ternyata Sudah Pulang ke Rumah

Minggu, 30 Januari 2022 - 18:02 WIB
loading...
Dilaporkan Hilang dan Dicari Tim SAR di Gunung Haruman, Warga Garut Ternyata Sudah Pulang ke Rumah
Tim SAR saat menyambangi rumah pendaki yang sempat dinyatakan hilang. iNews TV/Ii Solihun
A A A
GARUT - Ahmad Kamaludin (26), warga Kampung Andir Cibogo RT002/RW012, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, sempat dinyatakan hilang di Gunung Haruman. Ia dinyatakan hilang pada Jumat 29 Januari 2022, setelah tersesat dan kebingungan usai mencoba berkemah di gunung tersebut.

Kantor SAR Bandung langsung mendapatkan informasi mengenai hilangnya Ahmad Kamaludin tersebut, pada Jumat sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Satu tim rescue dengan kelengkapan 1 Unit Rescue Double Cabin, 1 Set Alat Mountenering, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis dan APD Personal, langsung dikerahkan menuju lokasi korban dinyatakan hilang.

Dari informasi yang diterima, sebelum dinyatakan hilang Ahmad Kamaludin berangkat dari rumah dengan membawa alat berkemah dan melakukan perjalanan sendiri ke Gunung Haruman.

"Pada Jumat itulah, dia menghubungi keluarganya, dalam hal ini ibunya melalui aplikasi WhatsApp, memberitahukan bahwa ia tersesat dan membutuhkan bantuan. Kemudian pihak keluarga tak bisa mengontaknya," ujar Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah.

Upaya pencarian dari tim rescue pada Jumat malam yang dilanjutkan hingga Sabtu (29/1/2022) pagi belum membuahkan hasil. Hingga pada akhirnya, pihak keluarga mengabari bahwa Ahmad Kamaludin telah ditemukan dan berhasil pulang ke rumah pada Sabtu sore.

"Pada pukul 18.15 WIB, tim mendapat kabar bahwa Ahmad Kamaludin ini berhasil ditemukan dan sudah pulang ke rumahnya. Untuk memastikan kebenarannya, tim beserta BPBD dan unsur kepolisian melakukan pengecekan ke rumahnya, dan benar korban yang sempat dinyatakan hilang ini sudah kembali dengan keadaan sehat," katanya. Baca: Kijang Angkut 13 Orang Terjun ke Jurang di Ciamis, 2 Tewas Mengenaskan.

Berdasarkan keterangan Ahmad Kamaludin, dia mengaku kebingungan dan tidak tahu arah pulang saat menuruni Gunung Haruman. Ia pun berinisiatif kembali ke rumahnya melalui jalan yang ia telusuri sewaktu menaiki gunung tersebut sebelumnnya.

Adapun unsur SAR yang terlibat dalam proses pencarian Ahmad Kamaludin antara lain, Basarnas Bandung, Polsek Cibiuk, BPBD, aparat desa Cibiuk Kaler dan warga setempat. Baca Juga: Sebelum Kejadian, Ferman Korban Bentrok di Diskotek Sorong Sempat Video Call dengan sang Ibu.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1141 seconds (10.101#12.26)