Semen Tonasa Jadi Tuan Rumah Webinar Bulan K3 Nasional

Jum'at, 28 Januari 2022 - 17:46 WIB
loading...
Semen Tonasa Jadi Tuan Rumah Webinar Bulan K3 Nasional
Semen Tonasa menyelenggarakan Webinar dengan tema Pencegahan Kecelakaan Kerja Melalui Safety Culture unntuk menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Semen Tonasa menyelenggarakan Webinar dengan tema "Pencegahan Kecelakaan Kerja Melalui Safety Culture" unntuk menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10.00 WITA secara hybrid luring di Lantai 6 Kantor Pusat PT Semen Tonasa dan juga secara daring secara virtual, Kamis, (27/01/2022).



Direktur Keuangan PT Semen Tonasa Ginarko Isnubroto mengatakan bahwa, peringatan Bulan K3 rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Ini menjadi bukti bahwa perusahaan sangat concern terhadap masalah K3. Bahkan di tahun 2020 dan 2021 kemarin Semen Tonasa mendapatkan penghargaan zero accident dari Kementerian Ketenagakerjaan. Itu membuktikan budaya K3 di perusahaan ini semakin kuat,” tegas Ginarko.

Sementara itu Giawan Lussa, Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Madya Disnakertrans Provinsi Sulsel, yang juga pemateri dalam webinar kali ini, bahwa ada 9 orang per hari yang meninggal dunia akibat kecelakan kerja dan puluhan ribu lainnya mengalami kecelakaan kerja.

Dirinya menjelaskan jika safety culture harus menjadi salah satu media untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

"Setidaknya ada dua faktor yang menyebakan angka kecelakaan kerja masih tinggi. Pertama, kesadaran melapor yang tinggi, dan yang kedua menyangkut lingkup pengertian kecelakaan kerja yang lebih luas," kata dia.

Dirinya menjelaskan, kecelakaan kerja tidak hanya yang terjadi di tempat kerja sesuai UU Keselamatan Kerja, melainkan juga termasuk yang terjadi dalam perjalanan dari rumah ke perusahaan dan sebaliknya, serta penugasan ke luar kota.

Giawan juga menambahkan bahwa, terdapat stigma bahwa tempat kerja merupakan klaster penularan. Stigma negatif ini sebenarnya kata dia, bisa dibalik jika setiap karyawan patuh pada K3 , termasuk memakai masker, dan ini dibudayakan kepada keluarga di rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3658 seconds (0.1#10.140)