Usai Ricuh, 4 Narapidana Lapas Sorong Papua Barat Sempat Kabur

Kamis, 23 April 2020 - 17:41 WIB
loading...
Usai Ricuh, 4 Narapidana Lapas Sorong Papua Barat Sempat Kabur
Ratusan personel dari Polres Sorong Kota, Polres Sorong dan Brimob Yon B Pelopor serta TNI melakukan pengamanan ketat di sekitar Lapas Sorong, Papua Barat. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
SORONG - Sebanyak empat narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong , Papua Barat melarikan diri pada Kamis (23/2/2020) dini hari. Namun mereka berhasil ditangkap kembali.

Berdasarkan informasi yang beredar, beberapa narapidana berhasil melarikan diri sekitar pukul 05.00 WIT setelah sebelumnya pada Rabu (22/4/2020) malam terjadi kericuhan disertai aksi pembakaran. Dari 6 orang narapidana yang kabur, 2 di antaranya berhasil ditangkap dan dimasukkan kembali kedalam Lapas. (Baca juga: Kerusuhan Pecah, Lapas Kelas II B Sorong Dibakar Narapidana)
Usai Ricuh, 4 Narapidana Lapas Sorong Papua Barat Sempat Kabur

Saat dikonfirmasi, Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan membenarkan adanya narapidana yang melarikan diri tersebut. “Memang ada yang kabur, tapi sudah ditangkap. Yang kabur empat orang, tapi semuanya sudah tertangkap,” ungkapnya di Lapas Sorong, Kamis (23/4/2020).

Menurut Ary Nyoto, pada dasarnya ratusan tahanan dan narapidana meminta perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda), menyangkut keselamatan dan kesehatan dari wabah virus corona (COVID-19). (Baca juga: Kalapas Sorong: Memang Ada Pembakaran, tapi Bukan Lapas yang Dibakar)

“Tadi kami sudah melakukan negosiasi dan menampung aspirasi mereka. Intinya mereka minta perhatian dari Pemerintah terkait dengan wabah COVID-19. Kami juga sudah menyampaikan bahwa Pemda akan menjamin kesehatan mereka, karena merasa khawatir dengan kesehatan selama di dalam Lapas. Mereka meminta agar ada petugas kesehatan yang masuk kedalam Lapas untuk melakukan pemeriksaan khususnya pemeriksaan terkait corona,” urainya.
Usai Ricuh, 4 Narapidana Lapas Sorong Papua Barat Sempat Kabur

Ary Nyoto menyatakan, pihaknya sudah menghubungi wali kota Sorong untuk mendatangkan petugas dari Dinas Kesehatan dan melakukan pemeriksaan rapid test kepada para napi yang masih berada didalam Lapas.

“Situasi di dalam Lapas sekarang sudah aman dan kondusif. Nanti rencananya setelah ini akan dilakukan pemeriksaan rapid test bagi warga binaan,” katanya. (Baca juga: TNI-Polri Kuasai Lapas Sorong Pasca-Kerusuhan Napi )

Sementara itu, ratusan personel gabungan Polisi/TNI masih melakukan pengamanan ketat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong setelah terjadi kericuhan pada Rabu (22/4/2020) malam.Pengamanan ketat ini dilakukan agar kericuhan tidak terulang kembali.

Sebelumnya, kericuhan pecah di dalam Lapas Kelas IIB Sorong karena para narapidana menuntut agar mereka bisa ikut dibebaskan dalam program asimilasi Kemenkumham untuk pencegahan virus COVID-19. Para narapidana ini juga sempat melakukan pembakaran di dalam Lapas.

Ratusan personel dari Polres Sorong Kota, Polres Sorong dan Brimob Yon B Pelopor serta TNI melakukan pengamanan ketat di sekitar Lapas Sorong, Papua Barat. Foto/
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)