Songsong 1 Abad NU, PWNU Jatim Birikan 100 BMT di Tiap Cabang

Senin, 17 Januari 2022 - 15:50 WIB
loading...
Songsong 1 Abad NU, PWNU Jatim Birikan 100 BMT di Tiap Cabang
PWNU Jawa Timur menggelar Rakor Teknis Pendirian BMTNU bersama 8 PCNU di kantor PWNU di Surabaya, Minggu (16/1/2022).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim mempunyai program Gerakan Ekonomi Mandiri dengan mendirikan 100 Baitul Maal wa-Tamwil (BMT) di setiap cabang. Program ini dicetuskan untuk mengongsong 1 abad Nahdlatul Ulama.

PWNU Jatim juga berencana membentuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah untuk bersinergi memperkuat BMT NU yang ada di setiap PCNU. BMTNU telah berdiri di 31 kantor BMTNU di Jawa Timur. Selanjutnya akan berdiri minimal tiga BMTNU di setiap cabang. Sementara di Jawa Timur terdapat 44 cabang NU.

Baca juga: Kisah Sukses Ghozali Everyday Jual NFT Sita Perhatian Gubernur Khofifah

"Ya, ikhtiar pendirian 100 BMTNU dimaksudkan sebagai program menyongsong 1 abad NU. Langkah ini merupakan bentuk respons terhadap upaya pendampingan UMKM/Mikro untuk kemaslahatan Nadhliyin," tutur Koordinator Bidang Pengembangan Ekonomi Umat PWNU Jawa Timur, Ir H Mathorurrozaq dalam rilisnya, Senin (17/1/2022).

Menurut Mathor, panggilan akrabnya, pendirian lembaga keuangan BMTNU, secara tegas untuk membantu warga Nahdliyin terhindar dari jebakan rentenir dan pinjaman online.

"Dengan program ini insyaAllah akan memunculkan potensi SDM NU, mulai dari Dewan Pengawas Syariah (DPS), Pengurus dan Manajemen BMT (Manajer, Pimpinan Cabang, Staf)," tuturnya.



Guna mewujudkan program tersebut, PWNU Jatim menggelar Rakor Teknis Pendirian BMT NU bersama 8 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), di kantor PWNU, Minggu 16 Januari 2022 kemarin.

Rapat dihadiri Prof Abd A'la, Wakil Ketua PWNU Jatim, dengan agenda Konsultan tentang Finalisasi SOP, bisnis proses, IK (Instruksi Kerja), Anggaran Dasar, dll. Di antaranya diputuskan, agar setiap PCNU minimal memiliki 3 kantor cabang BMT.



Sejauh ini, di Jawa Timur telah berdiri 31 kantor BMTNU. Seperti di PCNU Jombang terdapat 22 kantor BMTNU, Lumajang terdapat 7 kantor BMTNU, Masalembu memiliki 1 kantor BMTNU dan PCNU Kab Mojokerto 1 kantor BMT NU. Belum lagi yang terus berkembang seperti di Bojonegoro, Tuban, Sumenep, Situbondo dan Pasuruan.

Pendirian BMTNU di Jombang, pada 2014 dengan modal awal Rp5.200.000, dan kemudian mendapat status resmi per 31 Oktober 2021. Kini, mempunyai nilai aset mencapai Rp80 miliar. Selain itu, BMTNU Jombang berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp2 miliar.

Selain memiliki Kantor Pusat, BMTNU Jombang memiliki 21 Kantor Cabang, dengan Implementasi CBS (Core Banking System) yang modern, akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.
(msd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4006 seconds (11.252#12.26)