Gembrot Sembukan, Kuliner Mustika Rasa Warisan Bung Karno yang Hampir Punah

Senin, 17 Januari 2022 - 11:01 WIB
loading...
Gembrot Sembukan, Kuliner Mustika Rasa Warisan Bung Karno yang Hampir Punah
Ilustrasi Gembrot sembukan. Foto: Istimewa
A A A
BLITAR - Gembrot Sembukan adalah salah satu kudapan tradisional masyarakat Jawa, yang tercatat di dalam Kitab Mustika Rasa. Mustika Rasa adalah buku masakan Indonesia yang berisi resep makanan dan minuman asli masyarakat Nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Presiden Soekarno atau Bung Karno memerintahkan Kementerian Pertanian dan Agraria menyusun Mustika Rasa sebagai manifestasi kedaulatan pangan dan prinsip berdiri di atas kaki sendiri (Berdikari) .

Kitab Mustika Rasa tidak hanya menghimpun 1.600-an resep makanan dan minuman, tapi juga mengusung misi meningkatkan rasa saling menghargai antar daerah, sekaligus mempererat rasa persatuan antar suku di Nusantara.

Baca juga: Viral, Sekelompok Remaja Baku Hantam dan Saling Lempar Botol Miras di Tempat Kuliner

Salah satu menu makanan yang terhimpun adalah kudapan gembrot sembukan. Pada 1990-an, kudapan ini masih familiar. Khususnya bagi masyarakat Jawa.

Biasanya, gembrot sembukan dinikmati bersama nasi putih hangat. Kendati demikian tidak sedikit yang langsung menggadonya (makan tanpa nasi).



Seiring perkembangan jaman, kudapan gembrot sembukan semakin susah dicari. Terutama saat ini. Selain kehilangan peminat karena tanaman sembukan (paederia foetida) kian langka, jumlah orang yang mampu membikin gembrot sembukan juga semakin sedikit.

Baca: Hadir di NIPAH, Timur Resto Sajikan Kuliner Khas Indonesia Timur

Agar kudapan asli masyarakat Jawa ini tidak punah, resep dan cara pembuatan harus tetap terjaga. Berikut cara membuat kudapan gembrot sembukan warisan Kitab Mustika Rasa :
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1904 seconds (10.101#12.26)