Retrospeksi Pandemi Disajikan Dalam Pameran Foto PFI Makassar

Senin, 10 Januari 2022 - 21:01 WIB
loading...
Retrospeksi Pandemi Disajikan Dalam Pameran Foto PFI Makassar
Pengunjung mengamati karya foto yang dipamerkan di Phinisi Point Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (10/1/2022). Pameran yang berlangsung 10-16 Januari 2022 tersebut digelar oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar. Foto: Sindonews/Maman Suki
A A A
MAKASSAR - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar menggelar pameran foto bertajuk 'New Normal: Life After Pandemic di Tokyo - Sibuya, Grond Floor, Phinisi Point Mal Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar. Kegiatan ini berlangsung dari 10-16 Januari 2022.

Ketua Panitia, Moh Niaz Sharief mengatakan ada 162 foto yang dipamerkan selama hampir sepekan, hasil karya dari 26 orang fotografer anggota organisasi profesi pewarta foto ini. Seratusan lebih foto itu adalah hasil kurasi dari 600 foto yang masuk.



Dia menjelaskan, foto-foto yang dipamerkan merupakan retrospeksi atau kenangan kembali ketika pandemi menghantam Kota Makassar. Selain Kota Daeng sejumlah daerah di Sulawesi juga divisualkan, seperti Manado, Palopo, dan Sulawesi Barat.

"Kami ingin ikut andil membantu pemerintah mengedukasi dan memberikan informasi terkait pandemi Covid 19 dan bagaimana perjalanan penanganannya sampai disebut New Normal. Tentunya dengan visual seperti profesi kami sebagai fotografer," kata Niaz usai pembukaan kegiatan, Senin (10/1/2022).

Menurut dia, selama dua tahun terakhir ada perjuangan panjang untuk sampai ke tahap new normal setelah badai virus bernama latin Coronavirus Disease-19 ini. Semuanya terekam jelas dalam jepretan pewarta foto. Mulai dari situasi awal, penanganan, kondisi belajar, dan lainnya.

"Selain pameran kita juga meluncurkan buku sesuai tema hari ini. Di dalam buku lebih banyak menampilkan foto-foto ketimbang yang dipamerkan karena persoalan tempat dan panel yang tidak mencukupi jadi karya foto teman-teman PFI Makassar bisa dilihat di buku itu," kata Niaz.

Ketua PFI Makassar, Iqbal Lubis menambahkan karya foto diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat terkait situasi pandemi Covid 19. "Menjadi bagian sejarah bahwa kita pernah dilanda virus biologis namun kita mampu menghadapinya," terangnya.

Dia melanjutkan, selain pameran dan peluncuran buku foto pada 15 Januari nanti ada juga diskusi yang mengangkat tema 'Fotografi di Era New Normal'. Pembicaranya datang dari komunitas fotografi di Makassar dan pewarta foto lainnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)