Kronologi Aksi Saling Serang Antar Suku di Kabupaten Jayawijaya Papua

Senin, 10 Januari 2022 - 11:31 WIB
loading...
Kronologi Aksi Saling Serang Antar Suku di Kabupaten Jayawijaya Papua
Tampak aparat saat mengamankan lokasi pertikaian antar suku di Jayawijaya, Papua. (Ist)
A A A
JAYAWIJAYA - Perang antar suku pecah di Kampung Wouma, Distrik Waouma, Kabupaten Jayawijaya Papua, Minggu (9/1/2022) sore. Pertikaian tersebut melibatkan warga Kabupaten Nduga dan masyarakat Kabupaten Lanny Jaya. Penyebab diduga meninggalnya salah satu warga Nduga bernama Sibelo Gwijangge.

Kronologi aksi saling serang tersebut bermula saat keluarga korban bergerak dari arah Ilekma menuju Wouma melalui pinggir kali Uwe dan Walesi.

Kemudian sekitar pukul 15.10 WIT terjadi aksi saling serang menggunakan alat perang tradisional berupa panah, parang dan batu antara masyarakat masyarakat Nduga dan masyarakat Lanny Jaya di sekitar kampung Wouma Distrik Wouma, Jayawijaya.

Lalu pada pukul 17.15 WIT Personel Polres Jayawijaya dibackup Brimob dan TNI yang dipimpin oleh Waka Polres berhasil memukul mundur kelompok Masyarakat Kabupaten Nduga. Baca: Pasukan TNI-Polri Pukul Mundur Massa yang Bentrok di Jayawijaya.

Selanjutnya, pukul 17.20 WIT Personel Polres Jayawijaya dibackup oleh Brimob dan TNI memukul mundur kelompok Masyarakat Kabupaten Lanny Jaya.
Akhirnya, kedua kelompok kembali ke tempat masing-masing sekitar pukul 18.00 WIT. Baca Juga: Ditinggal Belanja, Honda Jazz Meluncur Sendiri Seruduk Minimarket.

Dalam peristiwa itu, satu warga dari Kabupaten Nduga tewas dengan tubun penuh luka akibat benda tajam. Sementara puluhan orang dari Kabupaten Lanny Jaya mengalami luka dari senjata tajam hingga panah. Selain itu, sekitar 40 rumah dan 2 unit mobil serta 10 motor rusak parah.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2261 seconds (10.101#12.26)