Rentan Kena Corona, Puluhan Bhabinkamtibmas Ini Jalani Rapid Test

Rabu, 10 Juni 2020 - 15:50 WIB
loading...
Rentan Kena Corona, Puluhan Bhabinkamtibmas Ini Jalani Rapid Test
Personel Bhabinkamtibmas Polres Salatiga saat menjalani rapid test di Klinik Bhayangkara, Rabu (10/6/2020). Foto: Dok.Humas Polres Salatiga
A A A
SALATIGA - Sebanyak 23 orang personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Salatiga menjalani rapid test di Klinik Bhayangkara, Rabu (10/6/2020). Mereka di-rapid test karena setiap hari berhubungan langsung dengan masyarakat luas sehingga rentan terpapar COVID-19.

Pelaksanaan rapid test terhadap 23 personel Bhabinkamtibmas Polres Salatiga diawasi langsung Paurkes Polres Salatiga Iptu Mulyadi didampingi oleh dr Andrian Pratama.

Apabila nantinya sarana dan prasarana rapid test terpenuhi, direncanakan seluruh personel Polri Polres Salatiga akan dilakukan rapid test.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, personel Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak atau garda terdepan Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat ditengah pandemi COVID-19 ini. Mereka dinilai perlu menjalani rapid test guna penularan COVID-19.

Rapid test dilakukan guna memastikan personel Bhabinkamtibmas dalam keadaaan sehat. Rapid test ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan moril para personil yang senantiasa bertugas di lapangan dan dekat dengan masyarakat luas berbagai kalangan dan latar belakang,” katanya.

Dia menyatakan, tanggung jawab personel Bhabinkamtibmas sangatlah kompleks dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat, utamanya terkait penanggulangan COVID-19. Mereka pun sangat rentan terpapar COVID-19 meski pun dalam pelaksanaan tugasnya sudah ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Polisi sebagai salah satu pihak yang memberikan penanganan terhadap pasien COVID-19. Personel Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka merekalah yang pertama dan diprioritaskan untuk menjalani rapid test,” ujarnya.

Paurkes Polres Salatiga Iptu Mulyadi mengatakan, hasil rapid test terhadap 23 personil Bhabinkamtibmas dinyatakan non reaktif atau negatif Corona. Dengan hasil tersebut diharapkan menjadi dukungan moril bagi jajaran Bhabinkamtibmas untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Meski non reaktif, namun dalam bertugas personel Bhabinkamtibmas tetap wajib memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Selain itu hindari bersentuhan langsung dengan warga saat sambang dialogis dengan masyarakat,” tandasnya.(Baca juga : Diduga Rem Blong, Truk Seruduk Warga Salatiga Hingga Tewas )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)