Ibu Positif Corona Melahirkan, Bayi Sehat dan Negatif

Kamis, 23 April 2020 - 13:14 WIB
loading...
Ibu Positif Corona Melahirkan, Bayi Sehat dan Negatif
Perawat RSUD Rantauprapat menggendong bayi yang baru dilahirkan dari ibu positif corona. FOTO/IST
A A A
RANTAUPRAPAT - Ibu rumah tangga (IRT) yang sedang hamil berinisial R (45) warga Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) berstatus positif COVID-19 melahirkan di RSUD Rantauprapat.

Pasien yang masih sementara berstatus PDP tersebut melahirkan bayi mungil perempuan pada Rabu (22/04/2020) siang. Hebatnya, kondisi bayi dalam keadaan sehat dan sesuai hasil rapid tes, dinyatakan negatif COVID-19.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan mengatakan, bayi prempuan yang dilahirkan R sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. “Rabu siang sekitar pukul 13.00 WIB, pasien telah melahirkan bayi perempuan. Hasil pemeriksaan rapid tes, bayi dalam keadaan sehat," kata Rajid Yuliawan, Kamis (23/4/2020). (Baca juga: Jadi Korban Begal, Jurnalis di Manokwari Ditusuk Empat Kali)

Dia menjelaskan, sebelumnya R merupakan pasien di RSU Nuraini Kotapinang untuk persalinan. Dari RSU Nuraini, R kemudian di rujuk ke RSU Elpi Al Aziz Rantauprapat dan selanjutnya ke RSUD Rantauprapat pada Selasa (22/4/2020) pukul 10.00 WIB.

"Saat R sampai di RSUD Rantauprapat, pihak RSUD mencurigai adanya gejala sesak napas yang dialami R seperti terpapar COVID-19, sehingga petugas medis mengambil sikap untuk melakukan rapid tes. Hasilnya positif," ujarnya.

Rajid mengatakan, sebelum menghubungi Dinkes Kabupaten Labusel untuk memfasilitasi R, pihak RSUD Rantauprapat sempat menghubungi rumah sakit rujukan di Medan. Namun, saat dihubungi oleh RSUD Rantauprapat, pihak RSU Dr Adam Malik Medan tidak bisa menerimanya karena alasan pasien sedang penuh.

"Sementara Rumah Sakit Permata Priska Medan juga diperoleh informasi tidak bisa menerima pasien dikarenakan sedang hamil. Kemudian, Dinkes Labuhanbatu menghubungi Dinkes Labusel agar memfasilitasi R untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)