Dipimpin Ganjar, Indeks Kebahagiaan Warga Jateng Naik Terus

Minggu, 02 Januari 2022 - 16:34 WIB
loading...
A A A
Untuk skala provinsi indeks kebahagiaan tertinggi ialah Provinsi Maluku Utara. Sedangkan terendah Provinsi Banten. Terkhusus Provinsi Jawa Tengah, BPS mencatat angka kebahagiaan mencapai 71,73 poin. Baca: 10 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia 2021, Semuanya di Luar Jawa.

Naiknya indeks kebahagiaan ini tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi Jawa Tengah. Sebab meski secara Nasional naik, namun tidak semua provinsi mengalami kenaikan.

Sepuluh provinsi ternyata mengalami penurunan indeks kebahagiaan. Yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kalimantan Timur. Baca Juga: Polres Pemalang Amankan 4 Tersangka Pengeroyokan di Stadion Mochtar.

Pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2014 melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Di tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari 3 demensi yaitu kepuasan (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)