Cerita Kepanikan Perawat RS Kariadi Dikepung Asap dan Api

Jum'at, 31 Desember 2021 - 00:48 WIB
loading...
Cerita Kepanikan Perawat RS Kariadi Dikepung Asap dan Api
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi pasien pasca kebakaran RS Kariadi, Kamis malam (30/12/2021). Foto: MPI/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Sejumlah tenaga kesehatan RSUP Kariadi yang bertugas di Gedung Kasuari sempat panik ketika melihat kobaran api dan kepulan asap pekat. Mereka pun bergerak cepat mengevakuasi dan menenangkan pasien .

"Saat kejadian kami juga panik, tiba-tiba ada api dan asap di mana-mana. Tapi kami tetap berusaha tenang dan membantu mengevakuasi pasien," kata seorang perawat saat berdialog dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berkunjung ke RSUP Kariadi, Kamis (30/12/2021).



Ganjar langsung mengacungi jempol atas aksi para perawat itu. Dia kemudian meminta para perawat yang sudah selesai jam piket untuk segera pulang dan menenangkan diri. "Langsung pulang, istirahat ya. Njenengan hebat," ucap Ganjar.



Ganjar juga menyempatkan diri naik ke lantai 6 Paviliun Garuda untuk menemui sejumlah pasien yang dievakuasi dari Gedung Kasuari yang terbakar. Di sana, Ganjar menyapa pasien, menghibur dan menguatkan mental mereka.

"Njenengan saking mriko? (Bapak dari gedung sana?), ya wis sementara ning kene sik ya (sementara di sini dulu). Sing sabar, semangat nggih. Wis saiki istirahat, ben ndang mari (sekarang istirahat, biar cepat sembuh)," kata Ganjar pada pasien-pasien itu.



Ganjar mengapresiasi kesigapan para pegawai di RSUP dr Kariadi Semarang yang mengambil langkah terbaik saat terjadi kebakaran. Semua pasien dievakuasi ke tempat aman sehingga tidak ada korban.

"Saya senang semuanya sigap, baik perawat, tenaga kesehatan dan pegawai lain untuk mengevakuasi pasien ke tempat aman. Tim pemadam kebakaran dan tim relawan juga hebat, mereka dengan cepat bisa memadamkan api sehingga kondisi normal kembali. Alhamdulillah semua terkendali, pasien dan tenaga kesehatan aman serta operasional rumah sakit tetap bisa berjalan," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)