Hujan Semalaman, 71 Rumah di Muaraenim Terendam Banjir

Senin, 27 Desember 2021 - 18:10 WIB
loading...
Hujan Semalaman, 71...
Warga melintas di kawasan yang terendam banjir setelah diguyur hujan semalaman. terdapat puluhan rumah terendam. Foto: SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
MUARA ENIM - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim , Sumatera Selatan (Sumsel) sejak dini hari pukul 02.00 WIB hingga subuh mengakibatkan puluhan rumah di wilayah itu terendam banjir .

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Ansori mengatakan, banjir di kawasan tersebut diperparah dengan banyaknya drainase yang rusak. Selain itu, banjir juga disebabkan adanya kiriman air dari luapan sungai.



"Sekitar 71 rumah warga terendam banjir, di antaranya 16 rumah di wilayah Air Lintang, 50 rumah di wilayah RA Kartini dan lima rumah di kawasan Pandawa Lima," ujar Ansori, Senin (27/12/2021).

Selain faktor cuaca dan alam, banjir yang terjadi di wilayah tersebut juga diakibatkan rusaknya sejumlah infrastruktur penahan air, seperti DAM di wilayah Pramuka I hingga Pramuka III Muaraenim.

"Banyaknya tumbuhan rumput yang liar serta sampah di sekitar aliran air juga menjadi penyebab banjir karena menghalangi jalur air untuk melewati aliran tersebut," ungkapnya.


Ansori mengungkapkan, untuk ketinggian banjir di sejumlah kawasan tersebut bervariasi bahkan hingga 1,5 meter.

"Saat ini tim di lapangan masih terus memantau sejumlah daerah rawan banjir di sekitar Kecamatan Muara Enim. Termasuk juga anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD telah ke lokasi banjir untuk meninjau kondisi, serta bergotong-royong mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir," tandas dia.
(nic)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)