Ini Penampakan Kapal Tersapu Ombak hingga di Atap Rumah, Saksi Tragedi Tsunami Aceh 2004

Minggu, 26 Desember 2021 - 12:49 WIB
loading...
Ini Penampakan Kapal Tersapu Ombak hingga di Atap Rumah, Saksi Tragedi Tsunami Aceh 2004
Kapal yang tersapu gelombang tsunami hingga nangkring di atas atap rumah warga di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Foto/iNews TV/Syukri Syarifuddin
A A A
BANDA ACEH - Situs tsunami kapal di atas rumah di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh ramai dikunjungi wisatawan. Lokasi ini menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami Aceh pada 2004 silam.

Ini Penampakan Kapal Tersapu Ombak hingga di Atap Rumah, Saksi Tragedi Tsunami Aceh 2004

Kapal lampulo atau yang lebih dikenal kapal di atas rumah warga, merupakan satu dari sekian banyak situs tsunami aceh. Kapal ini kini diabadikan menjadi sebuah objek wisata sejarah dengan keunikan tersendiri yang mampu menarik minat wisatawan.



Tempat wisata kapal lampulo ini unik dan tidak ditemukan objek wisata lainnya di Banda Aceh.

Kapal yang tersangkut di atas rumah ini menjadi saksi bisu tragedi tsunami Aceh 26 Desember 2004 silam yang menelan ratusan ribu jiwa.

Kapal lampulo milik nelayan itu memiliki panjang sekitar 25 meter dan berat yang mencapai 65 ton. Daya tarik bagi wisatawan terletak pada kapal yang seolah tersangkut di atas rumah milik warga.



"Ini merupakan bukti kekuasaan Allah, kapal bisa sampai naik di atas rumah apalagi lautnya jauh," kata Amris Simatupang, salah satu pengunjung, Minggu (26/12/2021).



Untuk sampai ke lokasi objek wisata kapal atas rumah tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit dari pusat Kota Banda Aceh dengan menggunakan kendaraan pribadi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)