Diguyur Hujan Seharian, Ratusan Rumah di Kabupaten Kerinci Banjir 1,5 Meter

Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:56 WIB
loading...
Diguyur Hujan Seharian, Ratusan Rumah di Kabupaten Kerinci Banjir 1,5 Meter
Ilustrasi banjir. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
KERINCI - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kerinci, Jambi, mengakibatkan meluapnya Sungai Batang Merao. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Ratusan rumah warga itu tersebar di lima kecamatan Kabupaten Kerinci, Jambi. Hingga kini, air masih menggenang.

Budi, warga sekitar mengatakan, hujan terjadi sejak Kamis sore hingga Jumat malam. Banjir terjadi paling parah di Kecamatan Depati Tujuh, Siulak, Air Hangat Barat, Keliling Danau dan Gunung Raya.



"Banjir diakibatkan oleh melapkan Sungai Batang Merao, karena rendahnya tanggul penahan air. Ketinggian air variasi, mulai selutut orang dewasa hingga lebih. Bahkan ada yang sampai 1,5 meter," katanya, Sabtu (18/12/2021).

Tidak hanya merencam rumah, banjir juga merendam lahan persawahan warga, dan memutus akses jalan warga.



"Setiap musim hujan datang, desa-desa yang berada di pinggir Sungai Batang Merao di Kecamatan Depati Tujuh selalu menjadi langganan bencana banjir. Tetapi banjir kali ini yang terparah," sambungnya.

Meski demikian, hingga kini belum ada solusi dari pemerintah daerah untuk penanganan banjir tersebut. Warga berharap, pemerintah membangun tanggul yang lebih tinggi untuk menahan luapan Sungai Batang Merao.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)