Distribusi Bahan Pangan hingga BBM Terganggu Geladak Perak Putus karena Erupsi Semeru

Senin, 13 Desember 2021 - 16:39 WIB
loading...
A A A
"Berdampak soalnya jembatan terputus kakau kirimannya harusnya tiap hari ini masih dicover oleh Malang. Sebelumnya ikut Jember, biasanya lewat Jembatan Geladak Perak," ucap Jiwo Harsoyo, ditemui beberapa waktu lalu.

Keterlambatan pengiriman dari Malang diakui membuat beberapa makanan utamanya dengan masa kadaluarsa pendek tampak kosong. Mengingat biasanya setiap hari dikirim dengan stok banyak, karena adanya jembatan yang putus, stok barang pengiriman berkurang.

"Kalau keterlambatan nggak ada, cuma stoknya sedikit, roti buah yang habis. Kalau untuk makanan ringan masih banyak stok. Mengingat akhir tahun menyambut Nataru itu, produk kayak snack itu kan masih banyak, pengirimannya banyak, kalau roti di setiap hari karena kadaluarsanya cepat," bebernya.

Terputusnya Jembatan Geladak Perak juga mempengaruhi harga gula merah di Kota Malang. Hal ini disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji menyebut, selama ini stok gula merah di wilayahnya banyak dikirim dari wilayah Kabupaten Lumajang. Sehingga ketika Jembatan Geladak Perak putus, pengiriman harus memutar melalui Kabupaten Probolinggo dan Pasuruan, yang otomatis menambah ongkos pengiriman.

"Keterjangkauan transportasi, ketidakterjangkauan transportasi bisa menambah harga, contoh gula merah tadi naik (harganya). Keterjangkauan transportasi dulunya produsen Lumajang, karena jembatan terputus lewatnya muter, cost-nya nambah, harganya akhirnya naik, padahal stoknya ada," tutur Sutiaji, usai sidak harga pangan pada Senin pagi.
(msd)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)