Sembilan Pejuang Kemerdekaan Terbesar, Ada Soekarno dan William Wallace

Senin, 08 Juni 2020 - 07:16 WIB
loading...
A A A
Castro berubah menjadi perintis baru bangsa. Di bawah Castro, perubahan Kuba dibuat untuk kebijakan sosial dan kesehatan dan pendidikan didirikan dengan perhatian besar. (Baca juga: Daftar Orang-orang Super Jenius Sepanjang Sejarah)

Pada Januari 1966, Castro mendirikan Organisasi Solidaritas dengan Rakyat Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Pada 1967, ia membingkai Organisasi Solidaritas Amerika Latin untuk mendorong revolusi penindasan di beberapa negara Amerika Latin.

5. Mao Zedong
Kontribusi : Bapak pendiri RRC
Mao Zedong lahir pada 26 Desember 1893, di Shaoshan, Provinsi Hunan, China. Dia membangun ide-idenya untuk komunisme di China dengan menyaksikan keberhasilan Revolusi Rusia. Karena itu Mao bergabung sebagai salah satu anggota pertama Partai Komunis China pada 1921. (Baca juga: Cerita Horor Rezim Mao Zedong, Kelaparan Hidupkan Kanibalisme)

Mao memimpin sepasukan kecil petani demi kebebasan dan komunisme di China. Dia juga memimpin China melawan perang dengan Jepang dan memperkenalkan langkah-langkah revolusioner untuk membangun China modern.

6. Charles de Gaulle
Kontribusi : Tokoh kemerdekaan Prancis
Charles de Gaulle berprofesi sebagai personel militer. Ia terkenal sebagai tokoh penting dalam sejarah dan politik Prancis. Titik balik dalam hidupnya adalah saat Prancis menyerah ke Jerman pada 1940.

Dia tidak bisa menerima kekalahan ini dan melarikan diri ke Inggris. Di sana ia mendirikan Gerakan Prancis Merdeka. Dengan bantuan Perdana Menteri Inggris, ia mulai menyuarakan idenya di depan umum tentang kebebasan.

Dia mendesak perlunya bertindak sebagai satu negara dan mendapatkan kembali daerah yang diduduki di bawah kendali Jerman. Akhirnya ia menjadi presiden pemerintahan sementara Prancis.

7. Samuel Adams
Kontribusi : Salah satu bapak pendiri AS
Partai Politik : Partai Demokrat-Republik
Salah satu founding father Amerika Serikat (AS), Samuel Adams dikenal sebagai tokoh kontroversial dalam politik Amerika. Adams memulai karier politik pada 1760-an, setelah ia berusaha keras menentang perpajakan Inggris yang baru diperkenalkan pada koloni Amerika.

Pada 1765, untuk melawan perpajakan baru yang diberlakukan oleh Inggris, Samuel Adams membentuk organisasi rahasia bernama Sons of Liberty. Meskipun kontribusinya terhadap Revolusi Amerika besar, banyak orang melihat Samuel Adams sebagai individu yang tidak jujur (Hutchinson's History of Massachusetts Bay)

8. Vladimir Lenin
Kontribusi : Bapak pendiri Uni Soviet
Lenin memimpin Revolusi Bolshevik 1917. Ini mengarah pada pembentukan Rusia dan sesudahnya Uni Soviet yang lebih luas berubah menjadi negara kawan satu partai yang diwakili oleh Partai Komunis Rusia. Lenin dianggap oleh banyak orang sebagai pemimpin politik paling signifikan abad ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3250 seconds (0.1#10.140)