Darurat Corona, Operasi Makan Gratis ACT Jangkau Sidoarjo

Rabu, 22 April 2020 - 21:36 WIB
loading...
Darurat Corona, Operasi Makan Gratis ACT Jangkau Sidoarjo
Paket makan disalurkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Foto/Ist
A A A
SIDOARJO - Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak turunan yang luar biasa di tengah masyarakat. Selain dampak kesehatan, dampak ekonomi dan sosial juga sangat dirasakan oleh masyarakat.

Sidoarjo, kawasan yang oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) disetujui menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bersama Surabaya, dan Gresik, tentunya akan mengalami dampak sosial dan ekonomi.

Merespons kondisi ini Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jatim, melakukan operasi makan gratis bersama mitra Nina Lapis Legit dan Catering, pada Rabu (22/4/2020). Sebanyak 75 paket makan disalurkan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Iwan, yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga kebersihan di kawasan Bulusidokare, mengaku masih tetap harus bekerja meski di tengah pandemi.

"Sudah sejak sebulan lalu saya belum dibayar, tapi saya harus tetap bekerja karena ini tanggungjawab. Saya harus tetap menjaga kebersihan disini supaya tidak banyak sampah," ujar Iwan.

Selain tukang penjaga kebersihan, adapula Rahmad, penjual es cincau keliling, mengeluhkan turunnya pendapatannya.

"Kalau hari biasa masih mungkin dapat 150 ribu, kalau sekarang laku saja sudah alhamdulillah, kadang kalau tidak laku saya bagi-bagi ke orang-orang di jalan," ujar Rahmad

Operasi makan gratis ini sudah sepekan berjalan dan total sekitar 600 paket makan telah disalurkan. Tim program ACT Jatim, Mashudi menyampaikan, operasi makan gratis dapat sedikit meringankan beban masyarakat.

"Solidaritas saat ini adalah kunci penyelesaian pandemi Covid-19. Kolaborasi dengan masyarakat menjadi keharusan, operasi makan gratis ini bisa terwujud berkat dukungan dari seluruh elemen masyarakat," ujar Mashudi.

ACT Jatim, bersama masyarakat berusaha mengatasi dampak sosial ekonomi yang terjadi akibat Covid-19. Peran serta dan solidaritas masyarakat menjadi kunci penanganan pandemi ini.

Bantuan dapat disalurkan melalui surabaya.indonesiadermawan.id, atau melalui Posko Bersama Lawan Corona di Kantor ACT Jatim di Jalan Gayungsari Barat X No. 41, Kota Surabaya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)