Pamer Karya Lukisan di Jogja, Ridwan Kamil Bicara Produktivitas dan Ekonomi Kreatif

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:22 WIB
loading...
A A A
Menurut Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, makin eratnya hubungan antarkedua daerah dan berdamai dengan sejarah bakal membawa dampak positif untuk generasi baru. Sehingga Indonesia makin kaya dengan banyak hal.

Disinggung mengenai proses kreatif lukisan yang dipamerkan, Kang Emil mengatakan mayoritas karya lukisnya merupakan ekspresi perasaan dirinya saat menjalani hidup sebagai manusia, sebagai suami, ayah, dan pejabat publik.

"Inspirasinya kadang datang di saat saya lagi happy banget, ada juga yang datang ketika saya stress banget. Jadi, dua-duanya terekspresikan di dalam sebuah karya. Saya ini bukan pelukis, saya ini secara formal pendidikannya arsitek. Melukis itu saya belajar dari YouTube, jadi nggak ada pendidikan formal, lama-lama estetikanya terlatih kayak naik sepeda, goyang-goyang lama akhirnya memahami," kata Kang Emil.



Sementara itu, GKR Bendara menilai, pameran ini bisa menginspirasi masyarakat Yogyakarta dalam menjaga semangat berkolaborasi. Pasalnya, kata dia, dunia industri kreatif tak bisa hanya berjalan sendiri-sendiri.

"Karya Pak Gubernur Ridwan Kamil ini diharapkan bisa menginspirasi warga Yogyakarta yang dari segi seninya cukup besar untuk bisa berkolaborasi dengan ekraf dari Jabar. Tentunya, kolaborasi lintas provinsi ini bisa sangat meningkatkan daya saing, daya jual dari ekraf," kata GKR Bendara.

Kadisparbud Jabar Dedi Taufik menjelaskan bahwa Pemprov Jabar berkolaborasi dengan Pemprov DIY untuk memperkuat kepariwisataan dan kebudayaan. Komitmen kolaborasi kedua daerah tersebut terwujud dalam memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani kedua belah pihak beberapa waktu lalu.

"Kerja sama sudah dipayungi MoU, kolaborasi kita akan lakukan. Ini momentum untuk saling mempromosikan potensi dari masing-masing daerah," kata Dedi.

"Kita adakan juga promosi pariwisata. Pemasaran kita untuk lokal dulu, karena memang itu adalah peluang untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Beberapa minggu lalu, kita menguatkan promosi membawa seller dan buyer dari Yogya untuk kunjungan wisata ke Jabar, dari Yogya juga sama," ujar Dedi.

Selain itu, Dedi pun mengatakan bahwa budaya menjadi pilar pertama kelembagaan. Sumber daya manusia (SDM) didorong untuk menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)