Pemerintah Latih Anak Muda Papua, Momentum Tingkatkan Pemulihan Ekonomi

Jum'at, 26 November 2021 - 19:43 WIB
loading...
Pemerintah Latih Anak Muda Papua, Momentum Tingkatkan Pemulihan Ekonomi
Tokoh Pemuda Papua, Steve Mara (tengah) menyambut positif program pelatihan bagi anak muda Papua dan Papua Barat jadi petani milenial dan pengusaha kelas dunia. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Pemerintah melakukan berbagai upaya dan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Papua. Di antaranya melaksanakan program pelatihan bagi anak muda Papua dan Papua Barat jadi petani milenial dan pengusaha kelas dunia.

Tokoh Pemuda Papua, Steve Mara menyambut positif program ini yang dapat meningkatkan kemampuan anak muda Papua serta sangat berdampak baik bagi pemulihan ekonomi setelah terdampak COVID-19.

Baca juga: TNI Vs Polisi di Ambon, Ini Profil Pratu Billy Kakasina Tentara yang Adu Jotos dengan 2 Polantas

"Pelatihan petani milenial dan enterpreneur yang diselenggarakan pemerintah pusat bekerja sama dengan Papua Muda Inspiratif saya kira harus diapresiasi dan dijaga demi peningkatan kualitas SDM. Selain itu, sebagai momentum bagi pemulihan perekonomian Papua dan Papua Barat," ujar Steve Mara yang menjadi pimpinan sidang di Komite World Trade Organisation(WTO) dalam C-7 World Economy and Bussines Conferensi di Uzbekitan, dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Selain itu, lanjutnya, perhatian pemerintah bagi Papua yaitu dengan pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI yang diselenggarakan di Pupua.Menurutnya, dua perhelatan akbar tersebut sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami berbahagia karena Papua menjadi tuan rumah yang sukses bagi gelaran PON XX dan Papernas XVI. Meski gelaran tersebut berskala nasional dan melibatkan banyak orang, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan kasus COVID-19 karena kedisiplinan menerapkan prokes yang baik. Bahkan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat Papua," tuturnya.



Menurutnya, semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah saat ini terhadap Papua merupakan wujud kepedulian dan sayangnya Presiden Joko Widodo terhadap warga Papua. Termasuk saat ini dengan mengangkat Billy Mambrasar yang merupakan asal Papua menjadi staf khusus presiden, semakin menunjukkan kepedulian pemerintah.

"Dengan diangkatnya Billy Mambrasar jadi staf khusus presiden yang salah satu perannya sebagai teman diskusi Presiden Jokowi tentang gagasan-gagasan inovatif. Lalu ide-ide yang dihasilkan dapat disalurkan bagi masyarakat Papua, dan secara berkelanjutan melakukan pendampingan demi memastikan program terlaksana dengan baik," katanya.

Baca juga: Luncurkan Petani Milenial Komoditas Lebah Madu, Ridwan Kamil: Tinggal di Desa Rezeki Kota
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2305 seconds (11.252#12.26)