4 Prajurit Gugur saat Heli Mi-17 Jatuh, 5 Selamat Lompat dan Hindari Kobaran Api

Sabtu, 06 Juni 2020 - 23:46 WIB
loading...
4 Prajurit Gugur saat Heli Mi-17 Jatuh, 5 Selamat Lompat dan Hindari Kobaran Api
Helikopter MI 17 HA 5141 milik Penerbangan TNI AD yang mengangkut sembilan personel dilaporkan jatuh di Kendal, Jawa Tengah. iNewsTV/Eddie Prayitno
A A A
KENDAL - Empat prajurit TNI AD gugur dalam kecelakaan helikopter Mi-17 di Kawasan Industri Kendal, Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Sabtu (6/6/2020) pukul 13.40 WIB. Saksi mata melihat ada personel yang lompat dari helikopter sebelum jatuh dan sebagian keluar dari kobaran api menyelamatkan diri.

"Sebelum helikopter jatuh ada orang lompat ke tambak. Sesaat kemudian helikopter jatuh dan meledak. Sebelum meledak sempat keluar beberapa orang menyelamatkan diri," tutur Johana Satiya Putra (31) saksi mata di lokasi kejadian. (Baca juga; Sebelum Heli Penerbad Jatuh Ada Penumpang yang Melompat Keluar )

Personel yang sudah keluar dari helikopter dievakuasi ke RSUD Soewondo Kendal karena mengalami luka-luka. Setelah dilakukan pemadaman ditemukan korban tiga orang meninggal dunia terbakar di dalam helikopter, sedangkan satu orang lainnya meninggal di rumah sakit. (Baca juga; Helikopter Penerbad Jatuh di Kaliwungu Kendal, 4 Orang Tewas )

Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, helikopter Mi-17 berkode HA 5141 milik Penerbangan TNI AD (Penerbad) yang jatuh mengangkut sembilan personel. Helikopter dalam kondisi baik, karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman.

"Helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1," katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews. (Baca juga; Helikopter MI-17 yang Jatuh di Kendal Dalam Kondisi Baik )

Nefra menjelaskan, sekitar pukul 12.35 WIB, helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver. “Sekitar pukul 13.40 WIB, helikopter Mi-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kecamatan. Kendal, Jawa Tengah. Penyebab jatuh helikopter Mi-17 TNI AD masih dalam proses investigasi,” ucapnya.

Korban Jatuh Helikopter Mi-17 Pusat Penerbangan TNI AD:

1. Kapten Cpn Kadek (MD)
2. Kapten Cpn Fredi (MD)
3. Kapten Cpn Y Hendro (MD)
4. Lettu Cpn Wisnu (MD)
5. Lettu Cpn Vira Yudha
6. Praka Nanang
7. Praka Rofiq
8. Praka Supriyanto
9. Praka Andi
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)