Sekolahnya Diterjang Longsor, Siswa SD di Tana Toraja Terpaksa Belajar di Ruangan Terbuka

Jum'at, 26 November 2021 - 08:50 WIB
loading...
Sekolahnya Diterjang Longsor, Siswa SD di Tana Toraja Terpaksa Belajar di Ruangan Terbuka
Longsor porak-porandakan bangunan sekolah di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Sejumlah siswa terpaksa harus belajar di luar ruangan kelas. Foto/iNews TV/Jufri Tonapa
A A A
TANA TORAJA - Kondisi bangunan SD Negeri 206 Bittuang, di Lembang Kandua, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, rusak parah dan porak-poranda akibat diterjang longsor. Kondisi ini juga mengganggu proses belajar mengajar para siswa.



Tebing setinggi 50 meter longsor dan menimpa bangunan SD Negeri 206 Bittuang. Satu ruangan kelas rusak total, dan dua ruangan lainnya terancam longsor. Ketiga ruangan kelas tersebut, kini tidak dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk belajar mengajar.



Kepala SD Negeri 206 Bittuang, Debora Ratte Limbong menyebutkan, satu ruang kelas rusak total, yakni ruang kelas empat. Sementara dua ruangan lagi mengalami kerusakan dan membahayakan apabila digunakan untuk belajar mengajar.



"Selain bangunan mengalami kerusakan. Longsor tersebut juga merusak semua fasilitas yang ada di dalam kelas. Baik buku-buku, lemari, meja dan kursi rusak berat. Kami berharap, kondisi ini bisa segera tertangani dan anak-anak bisa belajar kembali di kelas," tuturnya.



Saat ini aktivitas balajar mengajar terpaksa harus dilakukan di luar ruangan kelas. Material longsor juga masih memenuhi ruang kelas, dan belum dievakuasi karena sangat membahayakan. Hujan lebat dan kondisi tanah yang labil, diduga menjadi pemicu longsor tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7091 seconds (0.1#10.140)