9 DPO Pelaku Penyerangan Pos Koramil Kisor Diamankan di Asrama Mahasiswa Amban

Selasa, 23 November 2021 - 18:17 WIB
loading...
9 DPO Pelaku Penyerangan Pos Koramil Kisor Diamankan di Asrama Mahasiswa Amban
Aparat gabungan TNI-Polri menangkap satu dari tiga terduga pelaku penyerangan Pos Koramil Kisor, September lalu. 9 terduga pelaku kembali ditangkap di Asarama Mahasiswa Amban. Foto: Dok/SINDONews
A A A
MANOKWARI - Jajaran Polres Manokwari dibackup Brimob Polda Papua Barat berhasil mengamankan 9 orang terduga pelaku yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus penyerangan Posramil Kisor di Kabupaten Maybrat, Papua Barat , Senin (22/11/2021).

Kesembilan orang tersebut diamankan di sebuah Asrama Mahasiswa Amban, Kabupaten Manokwari, Papua Barat atas laporan masyakarat yang mencurigai aktivitas dan keberadaan 9 orang tersebut.

Kabag Ops Polres Manokwari Ajun Komisaris Polisi (AKP) Junaidy A Weken mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut, tim dari Polres Manokwari yang dibackup Sat Brimob Polda Papua Barat langsung bergerak untuk melakukan pencarian para DPO kasus pembunuhan empat prajurit TNI AD di Posramil Kisor. “Ke sembilan orang berhasil diamankan saat berada di kawasan Amban, Kabupaten Manokwari,” katanya.

Baca juga: Kenangan Sertu Ari Baskoro, Selalu Menghormati Orang Tua dan Tak Mengeluh Saat Tugas

Penangkapan bermula dari informasi masyarakat soal dugaan adanya pelaku di lokasi asrama mahasiswa di Amban, sehingga beberapa personel pun diturunkan.

"Saat kami menggeledah di sebuah kamar asrama, ada spanduk-spanduk atribut bintang kejora, buku terkait KNPB, ada juga atribut bintang kejora serta pakaian dan alat tajam berupa panah, kapak, dan parang di asrama tersebut," ujar Junaidy kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).



Baca juga: Gara-gara Cemburu Chattingan Mesra, Pria di Bali Siksa dan Seret Istri ke Rumah Selingkuhan

Kesembilan orang tersebut langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Papua Barat untuk diperiksa. “Kami masih mendalami sembilan orang ini. Kalau memang ada unsur pidananya akan dilakukan proses hukum, kalau tidak kita akan lepaskan," ucapnya.

Kasus Penyerangan Pos Koramil Kisor yang terjadi pada 2 September 2021 lalu menyebabkan empat anggota TNI AD meninggal dunia. Pihak Kepolisian bergerak cepat untuk mengungkap kasus ini. Polisi mengungkap para pelaku penyerangan merupakan Kelompok Komite Nasional Papua Barat yang merupakan sayap Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Baca juga: Sadis! Kurang Bayar Usai Setubuhi PSK di Hotel, Pemuda Pekanbaru Dihajar 9 Preman

Jajaran Polda Papua Barat telah menyebar foto 17 DPO yang diduga kuat melakukan penyerangan terhadap Pos Koramil Persiapan Kisor di Distrik Aifat Selatan.

Sedikitnya 7 orang lainnya telah diamankan, satu orang terduga pelaku merupakan anak di bawah umur. Tersangka anak di bawah umur tersebut berkasnya telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Sorong dan saat ini tengah menjalani persidangan.
(nic)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2724 seconds (11.252#12.26)