Usai Disentil Menteri Erick Thohir, Toilet SPBU di Kota Bandung Gratis

Selasa, 23 November 2021 - 14:21 WIB
loading...
Usai Disentil Menteri Erick Thohir, Toilet SPBU di Kota Bandung Gratis
Mayoritas SPBU di Kota Bandung tidak menarik tarif toilet alias gratis, setelah sebelumnya sempat disentil Menteri BUMN Erick Thohir.Foto/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Mayoritas SPBU di Kota Bandung tidak menarik tarif toilet alias gratis, setelah sebelumnya sempat disentil Menteri BUMN Erick Thohir.

Pantauan MPI di lapangan, beberapa SPBU mulai menerapkan toilet gratis sejak pagi, Selasa (23/11/2021). Penerapan toilet gratis tak hanya di SPBU milik Pertamina, tetapi juga SPBU swasta.

Baca juga: Perahu Terbalik di Subang, 6 penumpang Selamat dan 1 Orang Hilang

Pengelola bahkan menempelkan tulisan toilet gratis di bagian pintu atau akses masuk ke toilet. Beberapa SPBU yang menerapkan toilet gratis di antara di SPBU Ujungberung, SPBU Cicaheum, SPBU Riau, serta SPBU milik Pertamina di kawasan Gedebage.

Menurut pengelola SPBU Pertamina di kawasan Gedebage Awaludin, toilet gratis di SPBU yang dikelolanya telah berlaku sejak kemarin sore, setelah ada instruksi dari Menteri BUMN Erick Thohir. "Setelah ada instruksi, kami langsung membuat pengumuman SPBU gratis," kata dia, Selasa (23/11/2021).

Menurut dia, sebelumnya toilet di SPBU tidak menarik tarif bagi pengunjung. Namun pengelola hanya meletakkan kotak untuk bayar seikhlasnya. Saat itu, pengelolaan toilet SPBU dilakukan oleh pihak ketiga.

Baca juga: Terungkap! Bali Jadi Destinasi Favorit Warga Korea untuk Bulan Madu

"Sebelumnya dikelola oleh vendor, jadi mereka seluruhnya yang mengatur. Termasuk dalam mengelola uang, kebersihan, air dan lainnya," kata dia.

Sementara itu, salah seorang warga Bandung Ato, mengaku menyambut baik kebijakan toilet gratis, sehingga dia tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk ke kamar mandi. "Ya bagus ya, karena ini kan ada di SPBU, jadi sudah jadi kewajiban mereka untuk menyediakan toilet gratis," kata dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)