Sejumlah Kendaraan Mewah Tak Lulus Uji Emisi yang Digelar Pemkot Cimahi

Sabtu, 20 November 2021 - 01:12 WIB
loading...
Sejumlah Kendaraan Mewah Tak Lulus Uji Emisi yang Digelar Pemkot Cimahi
Petugas sedang melakukan tes uji emisi kendaraan di Kota Cimahi. Selama tiga hari pengujian tercatat ada sebanyak 88 unit kendaraan yang dinyatakan tidak lulus uji emisi. Foto/Dok.MPI
A A A
CIMAHI - Hasil uji emisi kendaraan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi selama tiga hari, mencatat ada 88 unit kendaraan yang dinyatakan tidak lulus uji emisi.

Petugas kemudian meminta pemilik kendaraan yang dinyatakan tidak lulus uji emisi agar dilakukan servis secara berkala agar kendaraannya tidak menjadi penyumbang polusi udara bagi lingkungan.

Baca juga: Gerhana Bulan Terlama Bisa Dinikmati Warga Bandung Mulai Pukul 19.00 WIB

"Selama tiga hari kami melakukan uji emisi kepada 746 unit kendaraan dan ada 88 di antaranya yang tidak lulus uji emisi," kata Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan, DLH Kota Cimahi, Lucky Sugih Mauludin, Jumat (19/11/2021).

Lucky menyebutkan, pengujian gas emisi kendaraan dilakukan di tiga lokasi berbeda, sejak tanggal 16, 17 dan 18 November 2021. Pengujian dilakukan secara gratis kepada masyarakat pemilik kendaraan yang didominasi oleh kendaraan roda empat.

Pengujian gas emisi buang kendaraan yang dilakukan DLH Kota Cimahi meliputi kendaraan pribdi maupun kendaraan dinas pelat merah. Antusiasme pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi juga sangat tinggi, terlihat dari jumlah kendaraan yang berhasil dites.

Baca juga: 8 Narapidana Narkoba di Jawa Barat Divonis Mati

"Pemeriksaan dilakukan kepada kendaraan yang berbahan bakar bensin maupun solar. Yang tidak lulus juga banyak mobil-mobil mewah, seperti Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, BMW hingga Ford Ranger," sebutnya.

Lebih jauh dikatakannya, uji emisi ini dilakukan dengan harapan untuk mengurangi polisi udara di Kota Cimahi. Pasalnya, transportasi sendiri menjadi salah satu penyumbang pencemaran udara di Kota Cimahi. Walaupun sejauh ini kualitas udara di Kota Cimahi masih cukup bagus.

"Ini sebagai deteksi awal dan pencegahan agar kualitas udara di Cimahi tetap baik. Mengingat pertumbuhan kendaraan sekarang ini sangat tinggi," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)