Gerhana Bulan Terlama Bisa Dinikmati Warga Bandung Mulai Pukul 19.00 WIB

Jum'at, 19 November 2021 - 17:34 WIB
loading...
Gerhana Bulan Terlama Bisa Dinikmati Warga Bandung Mulai Pukul 19.00 WIB
Gerhana bulan. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Warga Jawa Barat, terutama Kota Bandung, bisa menyaksikan gerhana bulan terlama sekitar pukul 19.00 WIB hari ini.

Kendati menjadi gerhana bulan terlama, namun warga Bandung hanya bisa menyaksikan beberapa saat.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, masyarakat dapat menyaksikan gerhana bulan sebagian (GBS) dengan mata telanjang tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.



Namun, karena kondisi cuaca, masyarakat secara online secara live streaming dengan mengakses laman BMKG https://www.bmkg.go.id/gerhana.

"Cuaca diprakirakan pada umumnya berawan, kemudian berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang antara siang, sore dan menjelang malam hari," jelas dia, Jumat (19/11/2021).



Secara umum, data fase Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada tanggal 19 November 2021 di Jawa Barat dimulai dengan Awal Fase Penumbra (U1) tidak teramati; awal Fase Sebagian (P1) tidak teramati; Puncak Gerhana (Puncak) tidak teramati; akhir fase sebagian (U4) tidak teramati, dan akhir Fase Penumbra (P4) teramati pukul 19.05.29 WIB.



"Masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut (pantai) perlu mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya," imbuh dia.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)