Belajar Menggali Potensi Daerah, Kades dan Camat di Kobar Belajar ke Jawa Tengah

Sabtu, 13 November 2021 - 12:11 WIB
loading...
Belajar Menggali Potensi Daerah, Kades dan Camat di Kobar Belajar ke Jawa Tengah
Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng melakukan kunjungan ke sejumlah Kabupaten di Jawa Tengah. (Ist)
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng melakukan kunjungan ke sejumlah Kabupaten di Jawa Tengah pada sejak Kamis 11 November 2021 hingga sekarang. Hal ini dalam rangka belajar menggali potensi daerah untuk dapat diterapkan di Kobar.

Dalam kunjunganya, para kades didampingi Asisten I Kabupaten Kobar Tengku Ali Syahbana, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kobar Sutiyana, Kadis Perikanan, Kadis PMD, Kadis TPHP, Kepala Bappeda dan Kadis Peternakan.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kobar Sutiyana mengatakan, kegiatan tersebut pada intinya ‘Kunjungan Belajar’ dan ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik, khususnya bagi para kades yang baru dilantik.

"Semoga kunjungan para kades ke Jateng ini, dapat menambah pengetahuan yang bisa dibawa ke Kobar untuk diadopsi dalam rangka memajukan desanya," kata Sutiyana, Sabtu (13 /11/2021).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sudah memasuki hari ketiga, kunjungan pertama ke kota Brebes Jateng, di sambut langsung oleh Bupati dan Wakilnya termasuk SOPD terkait. Dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi mengenai bawang merah dan juga perikanan. Usai diskusi, dilanjutkan peninjauan ke lapangan di dampingi langsung oleh Wabub Kabupaten Brebes.

Menurut Sutiyana, berkenaan dengan bawang merah, pada prinsipnya pertama yang hrus di perhatikan adalah kualitas tanah, dan pengairan. Telah saya sampaikan kepada teman-teman Camat dan kades seyogyanya kita petakan desa mana yang cocok untuk tanaman bawang.

"Tentu kita harus memperhatikan dua hal penting sehingga kedepan bisa menjadi unggulan dan panennya berkelanjutan, tidak asal tanam tanpa memperhatikan dua hal penting yakni kualitas tanah dan pengairannya,' sebutnya. Baca: Parah! 2 Kelompok Remaja di Medan Terlibat Tawuran, 3 Kios Warga Rusak.

Kemudian lanjut Sutiyana, rombongan meninjau kelokasi perikanan, menurutnya lokasi lahan perikanan di Kobar banyak sekali desa-desa yang kualitas airnya bagus untuk dijadikan Budi Daya Ikan. Namun juga harus sesuai dengan jenis ikannya, dan tidak kalah petingnya bagaimana membuat atau menyediakan cost pakan ikan yang murah, sehingga labanya bisa meningkatkan kesejahteraan para petani ikan.

Kunjungan kerja dilanjutkan ke Kabupaten Purwokerto, meninjau ke Balai Pembibitan ternak sapi dan kambing penghasil susu. “Saya juga sampaikan kepada para kades, kita perlu pengujian atau demplot di beberaya desa dulu, karena suhu dan pakan sangat berpengaruh untuk keberhasilan ternak di Kabupaten Kobar," pungkasnya. Baca Juga: Dorong Digitalisasi dalam Bisnis, Pusri Raih Penghargaan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)