Hari Pahlawan, Ketua DPRD Kendal Dikado Tumpeng Anak Pejuang Veteran

Kamis, 11 November 2021 - 13:01 WIB
loading...
Hari Pahlawan, Ketua DPRD Kendal Dikado Tumpeng Anak Pejuang Veteran
Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, menerima potongan tumpeng tasyakuran memperingati Hari Pahlawan yang digelar PPM, PMII dan KNPI di Gedung Juang 45 Kendal, Rabu (10/11/2021)
A A A
KENDAL - Hari Pahlawan memiliki arti khusus bagi para keturunan veteran di Kabupaten Kendal. Puluhan anak dan cucu pejuang kemerdekaan yang tergabung dalam Pemuda Panca Marga (PPM) Markas Cabang Kabupaten Kendal menggelar tasyakuran dan refleksi memperingati Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Ketua PPM Macab Kendal, Kharis M Mansyur, mengatakan semangat perjuangan dari pahlawan kemerdekaan perlu terus ditularkan kepada generasi muda. Menurutnya peringatan Hari Pahlawan menjadi momen yang tepat untuk menebarkan semangat para pejuang.

Sebagai putra dan cucu dari veteran, lanjutnya, PPM mengajak masyarakat Kendal untuk menggali kembali semangat dari Hari Pahlawan. Dengan cara ini, menurutnya akan tumbuh dan menguatkan kembali rasa kecintaan terhadap tanah tanah air.

“Sebagai bentuk kecintaan kami kepada Kendal, kami serahkan tumpeng ini untuk Bapak Ketua Dewan selaku wakil rakyat. Kami sebagai wadah organisasi anak dan cucu para veteran yang ada di Kabupaten Kendal mendukung penuh program pemerintah untuk membangun Kendal yang lebih baik,” ujarnya, di tengah acara tasyukuran dan refleksi memperingati Hari Pahlawan di Gedung Juang 45 Kendal.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh PPM bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Menurutnya peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk mengangkat kembali semangat perjuangan pahlawan kemerdekaan.

“Saya sangat apresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh para pemuda, baik dari PPM, PMII maupun KNPI. Karena kemerdekaan bangsa ini dulunya juga atas berkat semangat perjuangan dari para pemuda. Begitu juga hari ini, Kendal akan maju kalau para pemudanya juga bergerak, tentunya dengan dilandasi rasa kecintaan terhadap tanah air,” ucap Makmun.

Lebih lanjut disampaikan, pemuda hari ini menghadapi tantangan serius di era industry 4.0 dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Menurutnya kemajuan teknologi di satu sisi memberikan dampak positif, namun di lain pihak juga dapat mengancam pudarnya nasionalisme.

“Banyaknya konten-konten yang mengarah pada paham radikalisme menjadi ancaman terhadap kelangsungan NKRI. Pemuda harus bisa menjadi produsen konten-konten positif, terutama terkait ideologi negara bahwa Pancasila sudah final. Mau tidak mau, Anda semua harus melek teknologi informasi dan komunikasi,” tuturnya.

Senada disampaikan Budi Kurniawan, Wakil Ketua Ikatan Alumni PMII Kendal. Pegiat kepemudaan yang juga cucu pejuang veteran, berharap melalui kegiatan ini organisasi kepemudaan di Kendal dapat bersinergi untuk bersama-sama membangun daerah. Menurutnya jika dulu semangat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan, hari ini bagaimana mengisinya dengan pembangunan.

“Sebagai refleksi Hari Pahlawan dalam konteks hari ini, kalau dulu orang tua dan kakek-kakek kita berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, pemuda hari ini mencurahkan energi dan pikirannya untuk membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Kegiatan memperingati Hari Pahlawan yang digagas oleh PPM, PMII dan KNPI diawali dengan tabur bunga dan doa bersama di Taman Makam Pahlawan Kusumajati Kendal, dilanjutkan tasyakuran dan refeksi di Gedung Juang 45 Kendal. Puluhan pengurus dan anggota dari OKP bersama Ketua DPRD mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan hidmat meski di tengah guyuran hujan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9842 seconds (0.1#10.140)