Mau Tau Pembiayaan Tanpa Bunga dan Sukses Usaha, Ini Program bjb Mesrakan UMKM di Jabar

Kamis, 11 November 2021 - 10:40 WIB
loading...
Mau Tau Pembiayaan Tanpa Bunga dan Sukses Usaha, Ini Program bjb Mesrakan UMKM di Jabar
bank bjb menggelar program bjb Mesrakan UMKM untuk memberi pelatihan bisnis dan literasi keuangan. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Fenomena bank keliling atau bank emok yang saat ini telah menjelma menjadi pinjaman online ilegal bukan rahasia lagi. Banyak masyarakat dan pelaku usaha kecil menjadi korban rentenir dengan bunga mencekik ini. Akibatnya, pinjaman modal usaha yang awalnya untuk pengembangan usaha, justru menjadi malapetaka.

Padahal, di tengah akses informasi dan kemudahan teknologi, sangat banyak lembaga keuangan berizin yang menawarkan banyak produk pinjaman. Bahkan, lembaga keuangan tersebut berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Seperti halnya yang dilakukan bank bjb bersama pemerintah Provinsi Jawa Barat membuat program pembiayaan bjb Mesra.

bjb Mesra adalah program pembiayaan berbasis komunitas di tempat ibadah. Mereka bisa mengajukan kredit secara berkelompok. Melalui kredit bjb Mesra, masyarakat bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan pembiayaan modal dengan mudah. Menariknya, program pembiayaan ini tanpa agunan, tanpa bunga dan bebas dari rentenir.

Agar program ini diketahui masyarakat luas, bank bjb membuat program "bjb Mesrakan UMKM". Melalui program ini para peserta mendapat edukasi mengenai cara memulai dan mengembangkan usaha dengan baik dan benar.

Tak hanya itu, mereka juga akan diperkenalkan layanan Laku Pandai bjb BISA yang merupakan program keuangan inklusif yang memungkinkan masyarakat untuk membuka rekening tabungan, menabung, dan menarik dana melalui agen perantara.

Sementara edukasi diberikan agar masyarakat dalam hal ini pelaku usaha ultra mikro tak lagi terjebak rentenir. Ini dilakukan mengingat saat ini masih ada puluhan juta pelaku usaha ultra mikro yang sulit mendapatkan pinjaman dari perbankan, sehingga mereka seringkali dimanfaatkan oleh orang-orang yang menawarkan pinjaman dengan bunga tinggi yang biasa disebut bank emok (rentenir).

Keberadaan bang emok ini memang lebih mudah dan cepat dalam pencairan pinjaman, namun bunga yang dipatok sangat tinggi sehingga sangat merugikan masyarakat yang meminjamnya.

Tak tanggung tanggung, kegiatan ini dilakukan di banyak tempat di Jawa Barat. Di Kabupaten Bandung digelar pada 14 Oktober 2021. Kemudian di Kabupaten Bekasi - 28 Oktober 2021; Kabupaten Pangandaran - 11 November 2021; Kabupaten Ciamis - 25 November 2021; Kabupaten Sukabumi - 9 Desember 2021.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan “bjb Mesrakan UMKM” akan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seperti kegiatan diselenggarakan di meeting room hotel yang terjamin kebersihan dan higienitasnya.

Pembatasan jumlah peserta sebanyak maksimal 50 orang per kegiatan atau disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di masing-masing daerah. Penyediaan fasilitas termo gun, hand sanitizer serta perlengkapan sterilisasi lain di tempat kegiatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)