Saksikan Gairah UMKM Gorontalo, Sandiaga: Kebangkitan Ekonomi Sudah Dimulai

Senin, 08 November 2021 - 12:27 WIB
loading...
Saksikan Gairah UMKM Gorontalo, Sandiaga: Kebangkitan Ekonomi Sudah Dimulai
Sinyal kebangkitan ekonomi diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno semakin nyata terlihat. (Ist)
A A A
GORONTALO - Sinyal kebangkitan ekonomi diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno semakin nyata terlihat.

Walau badai pandemi COVID-19 menerpa, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tetap bertahan serta berkreasi menghasilkan beragam produk unggulan.

Besarnya semangat itu disaksikan Sandiaga Uno ketika menyapa para pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif Gorontalo di Desa Langge, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (7/11/2021).

Atas hal tersebut, dirinya mengaku akan mengintegrasikan seluruh program Kemenparekraf dalam pengembangan UMKM.

"Kebangkitan ekonomi sudah dimulai. Saya melihat UMKM di sini sangat bergairah, mereka menghasilkan produk-produk unggulan berkelas dunia," ungkap Sandiaga Uno.

"Saya ingin mengintegrasikan dengan program-program dari Kemenparekraf, dan harapannya mudah-mudahan ini adalah sinyal bergeraknya kembali roda pembangunan kita pasca pandemi," ujarnya bersemangat.

Lebih lanjut dipaparkan Sandiaga, Rumah Kreatif merupakan bentuk kolaborasi antara pemerintah dan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira).

Berbasis komunitas, UMKM membangun jejaring dan kemandirian. Sementara, pemerintah berperan untuk melahirkan kebijakan dengan mendukung UMKM dan kearifan produk lokal. Baca: Sungai Cibeet Meluap, 216 Rumah di Karawang Terendam Banjir.

"Jadi ini adalah pola yang akan kita bangun di Desa Batubarani dan beberapa daerah lain di Kabupaten Bone Bolango yang cantik-cantik, agar pariwisata berbasis masyarakat bisa lebih berkualitas dan berkelanjutan, sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelasnya.

Terkait hal tersebut, para pelaku UMKM pun diharapkannya untuk dapat bersiap diri.nMengingat pariwisata nasional akan kembali dibuka, baik bagi wisatawan Nusantara maupun wisatawan Mancanegara. Protokol kesehatan pun ditekankan Sandiaga Uno harus dipatuhi seluruh pihak.

Tujuannya agar pembukaan pariwisata kembali tidak memicu peningkatan kasus covid-19, tetapi justru menggerakkan roda perekonomian demi kesejahteraan masyarakat. Baca Juga: Cerita Sedih Korban Banjir Bandang Kota Malang, Kehilangan Tabungan Rp3 Juta untuk Berobat.

"Saya titip kepada seluruh pihak, COVID-19 dijaga dan dikendalikan, karena itulah awal dari kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif dan juga penciptaan lapangan kerja," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)