Kisah Wali Terapung Mbah Mudzakir, Berjihad Melawan Sekutu dalam Pertempuran 10 November

Senin, 08 November 2021 - 03:32 WIB
loading...
Kisah Wali Terapung Mbah Mudzakir, Berjihad Melawan Sekutu dalam Pertempuran 10 November
Makam Mbah Mudzakir yang berada di pesisir pantai utara Dukuh Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Foto/iNews TV/Sukmawijaya
A A A
DEMAK - Ada pemandangan menarik di pesisir pantai utara tepatnya di Dukuh Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jateng. Sebuah makam berdiri kokoh di tepian laut Jawa.



Orang-orang di kawasan itu menyebutnya sebagai makam wali terapung. Makam yang telah menjadi tempat wisata religi dan banyak dikunjungi masyarakat tersebut, merupakan makam Mbah Mudzakir.



Sebelum wafat sekitar tahun 1950-an, Mbah Mudzakir dikenal sebagai tokoh agama berpengaruh di kawasan tersebut. Namun, hingga kini belum ada catatan lengkap tentang masa hidup Mbah Mudzakir yang wafat pada usia antara 72-75 tahun tersebut.



Keberadaan makam wali terapung sendiri, awalnya berada di tengah permukiman padat penduduk. Tetapi, akibat terjadinya abrasi di pesisir utara sejak tahun 1995, telah menggerus daratan hingga sejauh 2 km.

Dari seluruh daratan yang hilang, hanya lokasi makam Mbah Mudzakir yang tetap terlihat. Venomena alam telah menciptakan makam Mbah Mudzakir seperti bunga teratai di lautan. Warga pun menyebut makam ini sebagai makam wali terapung.

Cucu Mbah Mudzakir, Gus Ubab Ibrahim mengungkapkan, hingga kini belum terlalu banyak catatat tentang perjalanan hidup Mbah Mudzakir. Tetapi, warga di kawasan tersebut mengenalnya sebagai tokoh agama dan pejuang yang turut merasakan ganasnya pertempuran 10 November di Surabaya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9260 seconds (0.1#10.140)