Gerakan Petani Digital 4.0 Sasar Bilebante Lombok Tengah

Minggu, 07 November 2021 - 15:15 WIB
loading...
Gerakan Petani Digital 4.0 Sasar Bilebante Lombok Tengah
Kelompok tani di kawasan Bilebante, Pringgarata Lombok Tengah, NTB mengikuti program Gerakan Petani Digital 4.0. Foto/Ist
A A A
LOMBOK TENGAH - Sejumlah kelompok tani di kawasan wisata hijau Bilebante, Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti program Gerakan Petani Digital 4.0 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kominfo memilih Bilebante menjadi salah satu daerah yang terlibat dalam implementasi pertanian digital yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan bisnis pada setiap rantai nilai pertanian melalui pemanfaatan teknologi digital.



Asisten II Pemkab Lombok Tengah, Nasrun M menyatakan program adopsi teknologi digital yang berlangsung di Bilebante merupakan terobosan baru dalam dunia pertanian. Saat ini, tidak sedikit jumlah petani di Bilebante yang sudah mahir menggunakan gadget.

"Petani harus memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produksinya," ujar Nasrun dalam keterangannya, dikutip Minggu (7/11/2021).

Gerakan Petani Digital 4.0 ini menargetkan petani dengan komoditas tanaman pangan seperti padi dan jagung serta tanaman hortikultura seperti cabai dan bawang merah.

Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis (Pertanian, Maritim, Logistik) Kominfo, Wijayanto menyatakan bahwa Gerakan Petani Digital 4.0 ini telah berlangsung sejak pertengahan 2021, di Desa Bilebante.

"Kami menggunakan alat sensor tanah dan sensor cuaca yang memberikan informasi lingkungan pertanian secara real time seperti suhu udara, curah hujan, arah angin, kelembaban tanah, suhu tanah, PH tanah, hingga electrical conductivity," ujar Wijayanto.



Rangkaian program itu dimulai sejak pemasangan alat internet of Things (IoT), sensor tanah dan cuaca, pendampingan petani dalam menggunakan teknologi digital, hingga pengambilan baseline data pertanian setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)